Skip links
jam makan malam untuk diet

Apakah Jam Makan Malam untuk Diet Sangat Berpengaruh?

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Apakah Anda sedang diet? Melakukan diet tidak hanya memperhatikan asupan makanannya saja, tetapi juga harus memperhatikan jam makannya, di mana dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa jam makan malam untuk diet sangat berpengaruh dan memiliki dampak besar terhadap keberhasilan diet Anda. 

Mengapa Harus Mengatur Jam Makan Malam untuk Diet Dengan Tepat? 

Mengatur jam makan sama pentingnya mengatur asupan makanan apa saja yang masuk ke tubuh Anda setiap harinya. Untuk bisa mengoptimalkan diet Anda, maka Anda bisa makan malam lebih awal karena dapat memberikan pengaruh yang cukup besar dalam kesuksesan penurunan berat badan dan juga bagus bagi pencernaan Anda.

Namun, sebelum Anda mengatur jam makan, harus memperhatikan kandungan kalori dan gizi dari makanan yang Anda makan, apabila Anda sudah mengaturnya, maka langkah selanjutnya adalah memperhatikan waktu makan meski tidak langsung berpengaruh secara cepat. 

Mengatur jam makan yang baik tentu akan membantu pencernaan Anda lebih lebih bagus dan rasa lapar Anda akan menjadi lebih baik. Dengan waktu yang teratur akan membantu kesehatan lambung Anda, dapat memaksimalkan proses pencernaan protein, serta bisa memaksimalkan tenaga dalam tubuh Anda untuk beraktivitas setiap harinya dengan lebih baik. 

Untuk jam makan sendiri berbeda-beda untuk setiap orang karena tergantung dari aktivitasnya, akan tetapi Anda bisa membuat jadwal yang sesuai dengan aktivitas Anda, maka disarankan untuk memulai jam makan dari sarapan hingga makan malam di jam awal agar Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengkonsumsi protein dan kalori harian.

Untuk itu, di jam makan malam untuk diet disarankan menu makanan yang memiliki kandungan protein di dalamnya cukup, karena dalam waktu 7-8  jam  Anda dalam kondisi tidur, sehingga tidak akan mengkonsumsi apapun.

Menu Makan Malam untuk Diet

Pada jam makan malam apa saja menu makan yang disarankan? Untuk menu makannya tentu tidak dibatasi, tetapi di sini ada beberapa menu yang disarankan bagi Anda yang sedang atau ingin melakukan diet sehat. 

1. Sayuran 

    Memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, sehingga berperan membantu tubuh untuk mengelola nafsu makan.

    2. Ikan

    Ikan masuk dalam menu yang tinggi protein,sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

    3. Telur

    Telur tentunya memiliki berbagai nutrisi baik dari protein hingga vitamin D dan telur juga cocok dijadikan sebagai menu makan malam untuk diet karena dapat membantu Anda kenyang lebih cepat.

    Maka, disarankan Jam makan malam untuk diet sebaiknya 2 sampai 3 jam sebelum tidur, misalkan Anda tidur di jam 9 malam dan selesai makan malam di jam 7 malam supaya proses pencernaan Anda tidak terganggu. 

    Leave a comment

    Explore
    Drag