Skip links
cara-cara membakar kalori setelah makan malam.

Jangan Kelaparan Ketika Diet, Ini Dia Cara Membakar Kalori Setelah Makan Malam

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Banyak orang melakukan diet demi menjaga kesehatan, maupun penampilan. Seringkali, melakukan diet diasosiasikan dengan tidak makan malam. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar dan bahkan berisiko terhadap kesehatan. Kamu tetap bisa makan malam ketika sedang diet. Ini dia cara-cara membakar kalori setelah makan malam.

Minum Air Putih Hangat

Setelah makan malam, minumlah air putih hangat yang bekerja sangat baik untuk mempercepat proses metabolisme tubuh. Dengan minum air putih hangat, kamu membiarkan tubuh mengolah makanan dan membersihkan pencernaan dengan lebih cepat.

Selain itu, air putih hangat juga bisa menghangatkan perut, membantumu rileks sebelum istirahat malam, juga mampu membersihkan racun di dalam tubuh.

Hindari Langsung Tidur Setelah Makan Malam

Jangan langsung tidur setelah makan, karena memang tidak disarankan dan akan berdampak buruk terhadap tubuh. Selain meningkatkan berat badan, langsung tidur setelah makan juga akan meningkatkan kadar gula darah.

Untuk mengantisipasi itu, berikanlah jarak waktu yang signifikan antara waktu makan malam dan waktu tidur kamu. Makan malamlah di sekitar jam 7 atau 8 malam, semakin jauh waktu antara jam makan malam dan jam tidur kamu, semakin baik.

Hindari Kafein

Cara membakar kalori setelah makan malam selanjutnya adalah jangan minum teh atau kopi setelah makan malam. Minuman yang mengandung kafein dapat menghambat penyerapan nutrisi dari makanan yang kamu makan. 

Selain itu, tentu saja kafein akan membuat kamu sulit tidur dan akhirnya mengganggu waktu tidur yang juga adalah waktu tubuh membakar lemak. Tidak hanya itu, teh juga memiliki kandungan tanin dan polifenol. Kedua unsur ini akan mempersulit tubuh kamu dalam proses penyerapan zat besi.

Lakukan Olahraga Ringan

Berjalan-jalanlah di dalam atau sekitar rumah di rentang waktu antara setelah makan malam dan sebelum tidur. Dengan jalan santai, tubuh kamu akan lebih cepat memproses makanan, dan juga menjadi lebih rileks.

Tidak hanya membantu membakar kalori, olahraga ringan setelah makan dan sebelum tidur juga akan membuat tubuhmu lelah sehingga tidur kamu akan lebih nyaman dan nyenyak.

Jangan Melakukan Olahraga Berat

Hanya bentuk olahraga ringan seperti jalan-jalan yang disarankan untuk dilakukan setelah makan. Olahraga keras setelah makan berisiko menghasilkan kram, dan tubuh menjadi terfokus membakar kalori sehingga nutrisi makanan tidak terserap dengan baik.

Itulah beberapa cara membakar kalori setelah makan malam yang mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Ingat, menghindari makan malam demi diet malah akan berisiko mengganggu kesehatan kamu. Tetaplah makan malam, tapi setelahnya lakukan tips-tips di atas supaya kamu tetap sehat, dan diet kamu sukses.

Leave a comment

Explore
Drag