Skip links
macam macam diet

Ketahui, 8 Macam-Macam Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Ada jenis jenis diet yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Tapi apakah semua diet tersebut cocok untuk tubuh Anda? Agar tidak salah pilih, maka cari tahu dulu berbagai diet yang efektif dan sehat serta aman untuk menurunkan berat badan Anda. Berikut simak ulasannya mengenai macam macam diet di bawah ini.

1. Vegan

plant-based diet adalah bentuk nutrisi yang tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki efek positif bagi kesehatan Anda. Khusus bagi Anda yang kolesterol tinggi, pola makan vegan ini tinggi serat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu kolesterol darah

2. Intermittent Fasting

Diet yang cukup mudah diterapkan dan membuahkan hasil yang signifikan adalah intermittent fasting atau puasa berselang. Ini sangat sederhana, Anda hanya perlu menentukan jadwal makan pada waktu tertentu. Jenis diet ini membantu tubuh membakar lebih banyak lemak dengan meningkatkan glukagon dan menurunkan insulin.

3. Low-Fat

Macam macam diet selanjutnya mungkin tidak sepopuler diet lainnya, namun mengonsumsi makanan rendah lemak untuk menurunkan berat badan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan hati dan pankreas. Cukup sederhana, jenis diet ini membatasi konsumsi daging, makanan olahan, lemak dan minyak termasuk sayuran seperti alpukat, minyak goreng, minyak kacang dll.

4. Low-carb

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan gula darah atau resistensi insulin, Anda bisa mencoba diet rendah karbohidrat. Sederhananya, diet ini berbeda dengan diet lainnya karena hanya tidak makan makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti tepung, nasi, pasta dan masih banyak lainnya. Diganti dengan banyak protein dan lemak seimbang.

5. Paleo Diet

Jenis diet ini berfokus pada makanan bebas gluten, protein hewani berkualitas tinggi, sayuran rendah karbohidrat, dan lemak sehat. Hindari gula, susu, alkohol, makanan olahan, sayuran dan biji-bijian. 

6. Ketogenic

Diet ketogenic disebut-sebut sebagai diet paling enak karena Anda tetap bisa menikmati makanan yang diinginkan. Selama menjalani diet ketogenic, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein dan tinggi lemak serta menghindari karbohidrat. Macam diet ini sangat cocok untuk penderita diabetes, namun harus dilakukan di bawah pengawasan medis

7. Mediterranean diet

Dari berbagai pola makan yang ada, pola makan mediterania diadopsi dari gaya hidup sehat. Konsumsi rutin protein hewani putih seperti ayam dan ikan, kacang-kacangan dan sayuran berserat tinggi menjadikan diet ini paling sehat. 

8. Flexitarian diet

Macam macam diet selanjutnya ini mungkin agak jarang. Merupakan kombinasi pola makan vegetarian yang lebih fleksibel karena Anda tetap bisa mengonsumsi protein hewani dari waktu ke waktu. Namun, makanlah banyak makanan berserat tinggi seperti sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, dan protein nabati. 

Leave a comment

Explore
Drag