Skip links
macam macam diet

Ketahui, 9 Cemilan Malam untuk Diet

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Makan cemilan di malam hari selama diet, mungkin menjadi salah satu pantang besar. Namun nyatanya, tidak selalu demikian. Anda bisa tetap ngemil selama makanan tersebut rendah kalori. Jaid, jenis cemilan malam untuk diet apa saja yang bisa kamu makan? Berikut simak ulasannya.

1. Pisang

Pisang dengan ukuran sedang dan tidak terlalu matang, setidaknya mengandung sekitar 105 kalori. Buah ini juga kaya akan serat, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Pisang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Manfaat lainnya adalah pisang dapat meningkatkan produksi melatonin, hormon alami yang membantu Anda tertidur. 

2. Goji berry

Seperempat cangkir (40 gram) goji berry kering mengandung 150 kalori. Anda bisa menikmatinya sebagai sebagai topping untuk dicampurkan granola dan yogurt. Goji berry adalah cemilan diet malam hari yang sehat dan kaya nutrisi karena mengandung vitamin A, B1, B2, C, potassium, selenium, dan antioksidan.

3. Kiwi

Kiwi adalah buah yang mengandung serotonin, hormon yang mengirimkan sinyal ke sistem saraf dengan cara santai. Buah kiwi cemilan malam untuk diet dapat mengenyangkan karena mengandung vitamin C, air, dan serat yang tinggi. Dua potong kiwi hanya mengandung 93 kalori dan tidak akan membuat Anda gemuk.

4. Yoghurt

Makan protein kasein, seperti yogurt, bisa mengurangi rasa lapar yang bertahan lebih lama, dan mengurangi Anda terjaga sepanjang malam. Yoghurt yang direkomendasikan untuk diet adalah Greek yogurt. Anda bisa menikmatinya dengan beberapa buah seperti stroberi atau kiwi.

5. Kacang

Mengonsumsi kacang tanpa tambahan lainnya tidak akan menambah kalori tubuh. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati dan tinggi serat serta lemak sehat yang dapat membantu membakar lemak.

Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi dalam diet antara lain edamame matang, almond, kacang tanah, kacang mete, kenari dan lain-lain.

6. Selai Kacang

Kombinasi cemilan diet selai kacang dengan beberapa biskuit gandum bisa menjadi cemilan malam yang baik untuk ditambahkan ke dalam diet Anda. Keduanya dilengkapi dengan serat. Selai kacang tergolong lemak tak jenuh karena lemak sehat ini dapat mengontrol gula darah agar tetap stabil.

7. Sereal Gandum

Makan sereal gandum di malam hari bukanlah masalah besar. Asalkan takarannya sesuai dan tidak terlalu banyak. Pada 40 gram sereal gandum hanya mengandung 140 kalori, penuh dengan vitamin, mineral, dan serat. Manfaatnya dapat membantu mengatasi sembelit.

8. Telur rebus

Sebutir telur rebus berukuran sedang mengandung 6,28 gram protein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain cemilan malam, telur rebus bisa dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Asalkan tidak melebihi 2 butir telur sehari karena peningkatan kolesterol.

9. Smoothie Protein

cemilan malam untuk diet yang sehat dan mengenyangkan adalah smoothie protein dengan kue atau puding. Tidak seperti smoothies biasa yang dibuat hanya dengan sayuran dan buah-buahan dan tanpa protein sama sekali, smoothies protein justru menambahkan protein untuk membantu meningkatkan rasa kenyang. Protein yang bisa dicampurkan ke dalam smoothies buah, seperti susu kedelai, biji chia, yogurt Yunani, keju cottage, susu sapi, atau selai kacang.  

Leave a comment

Explore
Drag