Skip links

Acran

Acran adalah obat untuk mengatasi tukak lambung dan usus, GERD, dan masalah di esofagus. Obat ini juga digunakan oleh penderita sindrom Zollinger-Ellison.
Acran
Merek dagang Acran adalah Acran dengan kandungan bahan aktif Ranitidine.
Apa Itu Acran?
Apa itu Acran?
Golongan: Obat keras (perlu resep dokter)
Kategori: Antasida, antirefluks, antiulserasi
Manfaat: Mengatasi tukak lambung dan usus, GERD, gangguan di esofagus, dan sindrom Zollinger-Ellison
Digunakan oleh:
Ibu Hamil: Selama kehamilan, Acran hanya boleh dikonsumsi bila manfaatnya lebih besar dibanding risikonya. Diskusikan pada dokter sebelum Anda mengonsumsi obat ini.
Ibu Menyusui: Acran dapat terserap ke ASI. Jangan minum obat ini saat menyusui tanpa berkonsultasi dengan dokter.
Anak-anak: Ranitidine tidak direkomendasikan digunakan oleh anak di bawah 12 tahun kecuali atas anjuran dokter. Konsultasikan pada dokter mengenai dosis dan aturan pakai obat ini untuk anak.
Bentuk obat: Tablet
Peringatan Sebelum Menggunakan Acran
Sebelum menggunakan Acran, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
Informasikan pada dokter bila Anda alergi terhadap ranitidine atau obat golongan histamine-2 blocker lainnya seperti cimetidine atau famotidine.
Informasikan pada dokter mengenai riwayat kesehatan Anda, terutama bila Anda memiliki penyakit ginjal, penyakit liver, kelainan darah (seperti porifiria), gangguan sistem imun, gangguan pernapasan (asma, penyakit paru obstruktif kronis), atau masalah lambung lainnya (termasuk tumor).
Heartburn mirip seperti gejala awal serangan jantung. Segera pergi ke unit gawat darurat bila Anda mengalami sakit di dada yang tersebar ke rahang, lengan, atau bahu, serta jika Anda merasa gelisah, pusing, napas tersengal-sengal, berkeringat yang tidak wajar, dan berat badan turun tanpa sebab.
Lansia umumnya akan lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama efek samping kebingungan.
Untuk mencegah interaksi obat, informasikan pada dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain seperti obat resep dokter, obat bebas, suplemen, multivitamin, atau produk herbal.
Beri tahu dokter bila Anda sedang mengandung, merencanakan kehamilan, atau sedang menyusui.
Dosis dan Aturan Pakai Acran
Dosis umum Acran berdasarkan bentuk obat, tujuan penggunaan, atau usia pasien adalah sebagai berikut:
Mengatasi tukak lambung
Dosis: 150 mg, 2 kali sehari
Mengatasi sindrom Zollinger-Ellison
Dosis: 150 mg, 2 kali sehari, dosis dapat ditingkatkan jika kasusnya lebih parah
Manfaat Acran
Acran merupakan obat yang mengandung Ranitidine, bertujuan untuk mengatasi masalah tukak lambung dan usus, GERD, esofagitis erosif, dan sindrom Zollinger-Ellison (tumor di pankreas atau bagian atas usus halus).
Obat ini termasuk ke dalam golongan golongan histamine-2 blocker yang bekerja dengan cara mengurangi jumlah asam yang diproduksi lambung Anda. Acran dapat meredakan gejala seperti batuk yang tak kunjung hilang, sakit perut, mulas, dan kesulitan menelan akibat asam lambung naik. Dengan mengonsumsi obat ini, Anda bisa mencegah masalah tukak lambung dan usus terjadi lagi.
Ranitidine juga bisa digunakan untuk mengobati perdarahan saluran cerna bagian atas dan kerusakan lambung akibat penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).
Cara Menggunakan Acran dengan Benar
Ikuti petunjuk pada label resep Anda dan baca semua panduan pengobatan. Jangan minum Acran dalam dosis yang lebih banyak atau dalam waktu lebih lama dari yang ditentukan.
Tablet Acran dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Telan tablet dengan segelas air putih. Jangan mengunyah atau menghancurkan tablet.
Minum obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil optimal. Untuk memudahkan Anda untuk mengingat, minumlah Acran di jam yang sama setiap hari.
Minum obat yang terlewat segera setelah Anda mengingatnya. Namun, jika sudah hampir waktunya untuk meminum dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis rutin Anda. Jangan meminum dosis ganda untuk mengganti dosis yang terlewat.
Mungkin diperlukan waktu hingga 8 minggu sampai kondisi lambung Anda sembuh. Tetap gunakan obat Anda sesuai petunjuk dan hubungi dokter Anda jika gejala Anda tidak membaik setelah 6 minggu. Jangan berhenti minum Acran sebelum waktu yang sudah ditentukan oleh dokter karena akan menunda penyembuhan lambung.
Dokter mungkin merekomendasikan antasida bersama dengan Acran untuk membantu menghilangkan rasa sakit di lambung. Ikuti dengan cermat petunjuk dokter tentang jenis antasida yang digunakan dan kapan menggunakannya.
Simpan obat ini di suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung, tempat yang panas, seperti mobil yang terparkir, dan tempat yang lembap. Jangan menyimpan obat ini di freezer. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.
Interaksi Acran dengan Obat Lain
Beberapa jenis obat membutuhkan asam lambung agar bisa dicerna oleh tubuh. Obat-obatan tersebut akan bekerja kurang optimal bila dikonsumsi bersamaan dengan Acran, sebab ranitidine akan mengurangi produksi asam lambung. Contohnya, atazanavir, dasatinib, obat antijamur (itraconazole, ketoconazole), levoketoconazole, pazopanib, dan sparsentan.
Jangan gunakan Acran bersamaan dengan obat lain yang mengandung ranitidine atau histamine-2 blocker lain (seperti cimetidine, famotidine, nizatidine).
Jangan minum alkohol bila sedang menjalani pengobatan dengan Acran. Alkohol akan membuat kondisi luka di lambung atau usus semakin parah.
Banyak obat yang dapat berinteraksi dengan ranitidine, termasuk obat resep dan obat bebas, vitamin, dan produk herbal. Beri tahu dokter Anda tentang semua obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.
Efek Samping dan Bahaya Acran
Berikut beberapa efek samping ringan dari konsumsi Acran:
Mual
Diare
Sembelit
Nyeri otot
Pusing
Letih
Ruam di kulit
Jika dokter Anda telah menganjurkan Anda untuk menggunakan obat ini, ingatlah bahwa dokter telah menilai bahwa manfaatnya lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Hubungi dokter bila efek samping ringan di atas tidak kunjung membaik.
Terdapat efek samping serius yang bisa terjadi akibat penggunaan Acran. Hentikan konsumsi obat ini bila Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini:
Penglihatan kabur
Perubahan suasana hati dan kondisi mental (gelisah, kebingungan, depresi, halusinasi)
Gampang berdarah dan muncul memar
Payudara membesar
Kelelahan parah
Detak jantung tidak normal (terlalu lambat atau terlalu cepat)
Tanda infeksi (sakit tenggorokan yang tidak sembuh-sembuh, demam, menggigil)
Sakit di lambung atau perut yang parah
Urine berwarna gelap
Kehilangan nafsu makan
Bagian putih mata dan kulit menjadi kekuningan
Nyeri di dada, pernapasan tersengal-sengal
Meski jarang terjadi, obat ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi serius yang ditandai dengan gatal-gatal atau biduran di kulit, sesak napas, dan pembengkakan di wajah, lidah, serta tenggorokan. Segera hubungi dokter bila terjadi efek samping serius.
Manfaatkan fitur Beli Obat dari Viva Apotek untuk mendapatkan obat harian yang Anda butuhkan. Ingat untuk selalu jaga kesehatanmu, ya!

Leave a comment

Explore
Drag