Skip links

Allergen

Allergen adalah obat antihistamin untuk meredakan pilek, mata berair, bersin-bersin, gatal di mata, hidung, tenggorokan, dan kulit akibat alergi atau flu.
Allergen
Kandungan bahan aktif Allergen antara lain: Chlorpheniramine maleate
Apa Itu Allergen?
Apa itu Allergen?
Golongan: Obat bebas terbatas
Kategori: Antihistamin
Manfaat: Mengobati gejala reaksi alergi, rinitis, atau flu
Digunakan oleh:
Ibu Hamil: Penelitian pada hewan dan manusia mengenai keamanan obat ini belum tersedia. Namun, penggunaan obat ini selama trimester ketiga kehamilan dapat berdampak pada bayi baru lahir. Obat ini hanya boleh digunakan saat hamil bila manfaatnya lebih besar dibanding risikonya. Konsultasikan dengan dokter mengenai keamanannya.
Ibu Menyusui: Obat antihistamin dapat menghambat produksi ASI dan terserap dalam jumlah kecil ke dalam ASI. Jangan gunakan obat ini saat menyusui tanpa berkonsultasi dengan dokter.
Anak-anak: Allergen boleh diminum oleh anak-anak usia 2-12 tahun. Jumlah dan dosis obat ini disesuaikan berdasarkan umur anak.
Bentuk obat: Tablet
Peringatan Sebelum Menggunakan Allergen
Sebelum menggunakan Allergen, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
Informasikan pada dokter bila Anda alergi terhadap bahan aktif Allergen yakni chlorpheniramine maleate, antihistamin, atau alergi obat lain.
Informasikan pada dokter bila Anda menderita gangguan pernapasan (asma, enfisema, bronkitis), glaukoma, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit liver, penyakit ginjal, epilepsi, tukak lambung, hipertrofi prostat simptomatik, obstruksi pyloroduodenal, hipertiroid, dan masalah susah buang air kecil akibat pembesaran prostat.
Informasikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain, seperti obat resep dokter, obat bebas, suplemen atau vitamin, serta obat herbal. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya interaksi obat.
Obat ini punya efek samping pusing, mengantuk, dan mengaburkan penglihatan Anda. Jangan mengemudi, mengoperasikan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan.
Obat ini dapat menyebabkan mulut terasa kering. Untuk mengatasinya hisap permen tanpa gula, kunyah permen karet tanpa gula, atau minum air putih lebih banyak.
Kandungan chlorpheniramine maleate pada allergen dapat mengurangi produksi keringat, sehingga Anda memiliki risiko terkena heatstroke. Hindari melakukan aktivitas atau olahraga di luar ruangan, serta perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.
Lansia umumnya lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama mengantuk, pusing, linglung, sembelit, atau susah buang air besar. Hati-hati saat bangun dari duduk atau dari posisi tidur untuk menurunkan risiko terjatuh.
Anak-anak juga lebih sensitif terhadap efek samping obat ini. Obat yang mengandung chlorpheniramine maleate dapat menyebabkan anak menjadi sangat aktif.
Bila Anda akan menjalani operasi, termasuk prosedur operasi gigi, beri tahu pada tenaga medis bahwa Anda sedang mengonsumsi Allergen.
Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau sedang menyusui.
Dosis dan Aturan Pakai Allergen
Dosis Allergen berdasarkan usia pasien dan instruksi pada kemasan adalah sebagai berikut:
Dewasa: 1 tablet, 3-4 kali sehari.
Anak 6-12 tahun: ½ tablet, 3-4 kali sehari.
Anak 2-6 tahun: ¼ tablet, 3-4 kali sehari.
Manfaat Allergen
Allergen adalah obat antihistamin yang mengandung chlorpheniramine maleate untuk mengatasi gejala alergi, rinitis, dan flu.
Obat ini bekerja dengan cara mengurangi efek senyawa histamin di dalam tubuh. Senyawa histamin lah yang memproduksi gejala bersin-bersin, batuk, mata berair dan merah, hidung berair, serta gatal pada mata, hidung, tenggorokan, dan kulit.
Allergen dapat membantu meredakan gejala alergi, rinitis, dan flu, tapi tidak dapat mengobati sumber penyebab penyakit maupun mempercepat kesembuhan penyakit.
Cara Menggunakan Allergen dengan Benar
Ikuti petunjuk pada label kemasan dengan hati-hati. Mintalah dokter atau apoteker Anda untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti. Gunakan Allergen sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan konsumsi dengan dosis lebih banyak, lebih sedikit, atau meminumnya lebih sering dari yang telah ditentukan.
Allergen dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Telan obat ini dengan segelas air putih. Jangan kunyah atau hancurkan tablet ini.
Obat ini biasanya butuh waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk bekerja.
Berikan jeda minimal 4 jam di antara dosis. Untuk mempermudah Anda mengingat jadwal minum obat, konsumsilah di jam yang sama setiap harinya.
Minumlah dosis yang terlewat segera setelah Anda mengingatnya. Namun, jika sudah hampir waktunya untuk meminum dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis rutin Anda. Jangan minum dua dosis sekaligus untuk mengganti dosis yang terlewat.
Jangan minum Allergen lebih dari 7 hari berturut-turut. Hubungi dokter bila gejala tidak membaik setelah seminggu meminum obat ini, atau jika Anda mengalami demam yang disertai pusing atau ruam kulit.
Simpan obat di suhu ruangan. Jangan simpan di tempat lembap, panas, dan jauhi dari sinar matahari langsung.
Interaksi Allergen dengan Obat Lain
Minum Allergen dengan obat lain yang membuat Anda mengantuk atau mempelambat pernapasan akan memperparah efek samping. Contohnya:
Obat pereda nyeri
Obat kejang
Obat batuk dan pilek (codeine, hydrocodone)
Obat tidur atau obat untuk gangguan kecemasan (alprazolam, lorazepam, zolpidem)
Antidepresan atau Monoamine Oxidase Inhibitors (MAOI) untuk mengatasi depresi berat
Obat pelemas otot (carisoprodol, cyclobenzaprine)
Obat ini dapat memperburuk efek samping bila dikonsumsi bersamaan dengan jenis antihistamin lain seperti cetirizine dan diphenhydramine.
Obat ini sangat mirip dengan dexchlorpheniramine. Jangan konsumsi obat yang mengandung dexchlorpheniramine saat sedang minum Allergen.
Jangan minum alkohol selama mengonsumsi Allergen, sebab efek samping pusing, mengantuk, dan penglihatan kabur akan semakin parah.
Efek Samping dan Bahaya Allergen
Allergen dapat menimbulkan efek samping umum, yakni:
Mengantuk
Mulut, hidung, dan tenggorokan kering
Mual atau muntah
Nafsu makan berkurang
Sembelit
Sakit kepala
Meski efek samping tersebut masih cenderung ringan, tetap hubungi dokter bila kondisi tidak kunjung membaik atau efek samping semakin memburuk.
Segera hubungi unit gawat darurat bila Anda mengalami efek samping serius karena dapat membahayakan nyawa Anda. Di antaranya:
Dada terasa sesak
Kesulitan bernapas
Kejang-kejang atau tremor
Penglihatan kabur
Detak jantung cepat atau tidak beraturan
Perubahan suasana hati
Sakit kepala berat
Kelelahan yang tidak normal
Susah buang air kecil
Mudah berdarah atau timbul ruam di kulit
Penyakit kuning yang menjadi tanda adanya gangguan di liver, yakni bagian putih di mata dan kulit menjadi kekuningan
Reaksi alergi serius, dengan gejala biduran, kulit bintik-bintik, kulit gatal, pembengkakan di wajah, lidah, dan tenggorokan
Manfaatkan fitur Beli Obat dari Viva Apotek untuk mendapatkan obat yang Anda butuhkan. Ingat untuk selalu jaga kesehatanmu, ya!

Leave a comment

Explore
Drag