Skip links

Alphamol

Alphamol adalah obat yang mengandung paracetamol, efektif menurunkan demam dan meredakan nyeri dengan menghambat prostaglandin di otak.
Merek Dagang Alphamol
Merk dagang Alphamol di antaranya adalah: Alphamol, Panadol, Paracetamol Sandoz, Tempra, Bodrex, Mefinal
Apa Itu Alphamol
Apa itu Alphamol?
Golongan: Obat bebas.
Kategori: Analgesik dan antipiretik.
Manfaat: Alphamol adalah obat yang mengandung paracetamol, efektif menurunkan demam dan meredakan nyeri dengan menghambat prostaglandin di otak.
Digunakan oleh: Dewasa dan anak-anak
Ibu Hamil: Penelitian pada hewan tidak menunjukkan risiko bagi janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.
Ibu Menyusui: Kandungan paracetamol dalam Alphamol dapat masuk ke dalam ASI. Jika Anda sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
Anak-anak: Penggunaan Alphamol pada anak-anak harus sangat berhati-hati, terutama pada anak di bawah usia 2 tahun. Produk kombinasi Alphamol yang mengandung paracetamol dan bahan lain seperti dekongestan atau antihistamin tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun, karena dapat menyebabkan efek serius yang mengancam nyawa. Pada anak usia 2 hingga 11 tahun, penggunaan produk tersebut harus dilakukan sesuai petunjuk pada label dan di bawah pengawasan tenaga medis. Jika ragu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan Alphamol kepada anak-anak.
Bentuk obat: Obat minum (Kaplet).
Peringatan Sebelum Menggunakan Alphamol
Sebelum menggunakan Alphamol, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut:
Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda memiliki alergi obat terhadap paracetamol, zat aktif yang terkandung dalam Alphamol, obat lain, atau bahan-bahan dalam produk tersebut. Mintalah daftar bahan pada label kemasan dari apoteker Anda.
Beri tahu dokter dan apoteker tentang semua obat resep dan non-resep, vitamin, suplemen nutrisi, atau produk herbal yang Anda konsumsi atau berencana untuk konsumsi selama menggunakan Alphamol. Dokter Anda mungkin perlu menyesuaikan dosis obat atau memantau Anda dengan cermat untuk efek samping.
Beberapa produk non-resep mungkin berinteraksi dengan Alphamol, seperti obat untuk nyeri, batuk, demam, dan pilek. Pastikan dokter dan apoteker Anda tahu bahwa Anda sedang mengonsumsi obat-obatan ini sebelum memulai Alphamol. Jangan mulai mengonsumsi obat-obatan tersebut tanpa berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda.
Beri tahu dokter jika Anda pernah mengalami ruam setelah mengonsumsi Alphamol.
Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui. Jika Anda hamil saat mengonsumsi Alphamol, segera hubungi dokter.
Jika Anda mengonsumsi tiga atau lebih minuman beralkohol setiap hari, jangan minum obat ini. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang penggunaan alkohol yang aman saat mengonsumsi Alphamol.
Ketahuilah bahwa produk kombinasi Alphamol untuk batuk dan pilek yang mengandung dekongestan hidung, antihistamin, penekan batuk, dan ekspektoran tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun. Penggunaan obat-obatan ini pada anak-anak kecil dapat menyebabkan efek serius dan mengancam jiwa atau kematian. Pada anak usia 2 hingga 11 tahun, produk kombinasi untuk batuk dan pilek harus digunakan dengan hati-hati dan hanya sesuai dengan petunjuk pada label.
Selain itu, beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda tentang kondisi medis lainnya, termasuk, jika Anda:
Menderita arthritis ringan dan perlu mengonsumsi obat pereda nyeri setiap hari.
Memiliki masalah hati atau ginjal.
Memiliki berat badan yang kurang atau mengalami malnutrisi.
Secara teratur mengonsumsi alkohol. Anda mungkin lebih rentan terhadap efek samping paracetamol jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar.
Memiliki infeksi parah karena ini dapat meningkatkan risiko Anda mengalami asidosis metabolik. Tanda-tanda asidosis metabolik termasuk:
Napas dalam, cepat, sulit
Mual
Muntah
Kehilangan nafsu makan
Segera hubungi dokter jika Anda mengalami kombinasi gejala ini. Anda mungkin perlu menghindari atau membatasi konsumsi paracetamol.
Memiliki defisiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase (kekurangan enzim).
Menderita asma dan sensitif terhadap aspirin.
Memiliki anemia hemolitik (pemecahan abnormal sel darah merah).
Dosis dan Aturan Pakai Alphamol
Dosis obat ini dapat berbeda untuk setiap pasien. Ikuti petunjuk dokter atau arahan pada resep. Informasi berikut hanya mencakup dosis rata-rata dari obat ini. Jika dosis Anda berbeda, jangan mengubahnya kecuali dokter Anda menginstruksikan demikian.
Jumlah obat yang Anda konsumsi bergantung pada kekuatan obat. Selain itu, jumlah dosis yang Anda ambil setiap hari, waktu yang diizinkan antara dosis, dan lama waktu Anda mengonsumsi obat tergantung pada masalah medis yang Anda alami.
Untuk nyeri atau demam:
Dewasa dan remaja: 1-2 kaplet, sebanyak 3-4 kali setiap hari. Penggunaan maksimal 8 kaplet setiap hari. Dosis bergantung pada bentuk dan kekuatan obat. Ikuti petunjuk pada label kemasan dengan hati-hati untuk dosis maksimum per hari.
Anak-anak: Dosis ditentukan berdasarkan berat badan atau usia. Ikuti petunjuk pada label dengan hati-hati untuk dosis maksimum per hari.
Anak-anak usia 7-12 tahun: 0.5-1 kaplet, sebanyak 3-4 kali setiap hari. Maksimum 4 kaplet setiap hari.
Manfaat Alphamol
Alphamol bekerja dengan mengatur suhu tubuh melalui pusat pengaturan suhu di otak, sehingga membantu menurunkan demam. Selain itu, obat ini juga mampu menghambat produksi prostaglandin, yang berperan dalam meredakan nyeri.
Cara Menggunakan Alphamol dengan Benar
Berikut adalah cara menggunakan alphamol dengan benar:
Selalu gunakan obat seperti yang dianjurkan oleh dokter atau apoteker Anda.
Selalu baca petunjuk pada kemasan obat sebelum menggunakannya.
Jangan mengonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan. Periksa instruksi pada produk paracetamol yang Anda miliki, karena kekuatan dan dosis yang dianjurkan dapat berbeda antara produk yang mengandung paracetamol.
Paracetamol dapat dikonsumsi setiap 4 hingga 6 jam. Biarkan setidaknya 4 jam di antara dosis.
Jangan mengonsumsi lebih dari empat dosis dalam 24 jam.
Jangan gunakan lebih dari 3 hari, kecuali dokter Anda menyarankan lain.
Hubungi tenaga kesehatan jika gejala Anda memburuk atau tidak membaik.
Paracetamol juga tersedia dalam kombinasi dengan obat lain untuk mengobati gejala batuk dan pilek. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang produk mana yang terbaik untuk gejala Anda. Periksa label produk batuk dan pilek non-resep dengan cermat sebelum menggunakan dua atau lebih produk secara bersamaan. Produk-produk ini mungkin mengandung bahan aktif yang sama, dan menggunakannya bersamaan dapat menyebabkan overdosis. Ini sangat penting jika Anda akan memberikan obat batuk dan pilek kepada anak.
Interaksi Alphamol dengan Obat Lain
Beritahukan kepada dokter atau apoteker Anda tentang semua obat yang Anda konsumsi, termasuk obat resep dan obat bebas, vitamin, dan suplemen herbal sebelum mengonsumsi obat ini. Terutama, informasikan kepada dokter Anda jika Anda mengonsumsi:
Obat pengencer darah (antikoagulan) seperti warfarin dan Anda perlu mengonsumsi pereda nyeri setiap hari. Dosis paracetamol sesekali dapat dikonsumsi bersama antikoagulan.
Obat untuk membantu meredakan mual (metoclopramide atau domperidone).
Obat untuk mengobati kolesterol tinggi (kolestiramin).
Obat untuk mengobati epilepsi (lamotrigin).
Obat untuk mengobati tuberkulosis (isoniazid).
Obat untuk mengobati demam atau nyeri ringan (aspirin, salisamida).
Barbiturat dan antidepresan trisiklik untuk mengobati depresi (amitriptilin).
Obat untuk mengobati asam urat yang disebut probenesid.
Obat untuk mengobati infeksi bakteri yang disebut kloramfenikol.
Obat yang digunakan untuk infeksi HIV dan AIDS yang disebut zidovudine.
Flucloxacillin (antibiotik), karena ada risiko serius kelainan darah dan cairan tubuh (asidosis metabolik dengan celah anion tinggi) yang memerlukan perawatan mendesak, dan yang dapat terjadi terutama pada kasus gangguan ginjal berat, sepsis (ketika bakteri dan racunnya beredar dalam darah menyebabkan kerusakan organ), malnutrisi, alkoholisme kronis, dan jika dosis harian maksimum paracetamol digunakan.
Paracetamol dapat mempengaruhi hasil tes laboratorium untuk kadar asam urat dan gula darah.

Efek Samping dan Bahaya Alphamol
Segera hubungi dokter Anda jika mengalami salah satu dari efek samping berikut saat mengonsumsi paracetamol:
Tinja berdarah atau berwarna hitam,
Urin berdarah atau keruh,
Demam dengan atau tanpa menggigil (tidak ada sebelum pengobatan dan tidak disebabkan oleh kondisi yang sedang diobati),
Nyeri di punggung bawah dan/atau samping (parah dan/atau tajam),
Bintik-bintik merah kecil pada kulit,
Ruam kulit, gatal-gatal, atau gatal-gatal pada kulit,
Sakit tenggorokan (tidak ada sebelum pengobatan dan tidak disebabkan oleh kondisi yang sedang diobati),
Luka, sariawan, atau bercak putih pada bibir atau di dalam mulut,
Penurunan jumlah urin secara tiba-tiba,
Pendarahan atau memar yang tidak biasa,
Kelelahan atau kelemahan yang tidak biasa,
Mata atau kulit menguning.
Segera cari bantuan jika Anda mengalami gejala overdosis berikut saat mengonsumsi Alphamol:
Diare,
Peningkatan keringat,
Kehilangan nafsu makan,
Mual atau muntah,
Kram perut atau nyeri,
Pembengkakan, nyeri, atau rasa sakit di bagian atas perut atau daerah perut.
Manfaatkan fitur Beli Obat dari Viva Apotek untuk mendapatkan obat yang Anda butuhkan. Ingat untuk selalu jaga kesehatan Anda, ya!

Leave a comment

Explore
Drag