Skip links

Anflat

Anflat adalah obat untuk meringankan gejala asam lambung naik, seperti heartburn, mual, dan perut kembung. Obat ini bisa dikonsumsi dewasa dan anak.

Anflat
Merek dagang Anflat antara lain: Anflat Tablet Kunyah, Anflat Sirup
Apa Itu Anflat?
Apa itu Anflat?
Golongan: Obat bebas
Kategori: Antasida, obat antirefluks dan antiulserasi
Manfaat: Meredakan gejala asam lambung, seperti heartburn, mual, dan perut kembung
Digunakan oleh:
Ibu hamil: Belum ada data lengkap mengenai keamanan Anflat untuk ibu hamil dan janin. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi Anflat saat hamil.
Ibu menyusui: Anflat dapat terserap ke dalam ASI, tapi penggunaannya dianggap aman untuk ibu menyusui asal diminum sesuai dosis. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
Anak-anak: Anflat boleh digunakan oleh anak-anak usia 6-12 tahun. Ikuti instruksi dosis secara cermat.
Bentuk obat: Tablet kunyah dan sirup
Peringatan Sebelum Menggunakan Anflat
Sebelum menggunakan Anflat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
Informasikan dokter bila Anda punya alergi terhadap bahan-bahan di dalam Anflat dan alergi obat-obatan lainnya.
Informasikan riwayat kesehatan Anda pada dokter, terutama jika Anda menderita penyakit ginjal, batu ginjal, sembelit kronis, dehidrasi, dan punya kebiasaan minum alkohol.
Informasikan pada dokter bila Anda menjalani diet rendah fosfor yang biasanya dilakukan oleh penderita penyakit ginjal kronis.
Informasikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, seperti minum obat obat resep, obat non-resep, suplemen, produk herbal, atau menjalani terapi pengobatan.
Anflat tidak dianjurkan dikonsumsi untuk anak di bawah 6 tahun. Konsultasikan pada dokter sebelum memberikan Anflat pada anak.
Anflat tidak direkomendasikan digunakan terus menerus selama lebih dari 2 minggu karena akan menyebabkan gangguan kesehatan lain.
Kalau masalah asam lambung tidak kunjung membaik, bahkan semakin parah setelah menggunakan obat ini selama 1 minggu, segera periksakan diri ke dokter.
Beri tahu dokter bila Anda sedang hamil karena belum ada data lengkap mengenai keamanan obat ini bagi ibu hamil dan janin.
Dosis dan Aturan Pakai Anflat
Dosis Anflat berdasarkan jenis obat, usia pasien, dan instruksi pada kemasan:
Anflat Tablet Kunyah
Dewasa: 3–4 kali sehari, 1–2 tablet kunyah
Anak 6–12 tahun: 3–4 kali sehari, 0,5–1 tablet kunyah
Anflat Sirup
Dewasa: 3–4 kali sehari, 5–10 ml
Anak 6–12 tahun: 3–4 kali sehari, 2,5–5 ml
Manfaat Anflat
Anflat digunakan untuk meredakan gejala kelebihan asam lambung, seperti heartburn, kembung, dan mual. Obat ini juga bisa membantu mengatasi tukak lambung, tukak usus dua belas jari, dispepsia, dan hiatus hernia.
Anflat mengandung aluminum hydroxide, magnesium hydroxide, dan simethicone. Aluminum hydroxide digunakan untuk mengatasi heartburn, sakit perut, asam lambung, dan gangguan pencernaan.
Magnesium hydroxide menetralkan asam lambung, mengatasi sakit perut, dan meningkatkan produksi air di usus, sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.
Simethicone bermanfaat meredakan tekanan dan nyeri akibat kelebihan gas di lambung dan usus.
Dengan seluruh bahan tersebut, Anflat bermanfaat bagi penderita asam lambung. Namun, obat ini bekerja untuk menetralkan asam yang sudah ada di lambung, tapi tidak bisa mencegah produksi asam.
Cara Menggunakan Anflat dengan Benar
Ikuti dosis dan anjuran konsumsi Anflat di kemasan atau sesuai dengan instruksi dokter.
Anflat Tablet Kunyah dan Anflat Sirup diminum saat perut kosong, 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.
Anflat Tablet Kunyah harus dikunyah sampai halus sebelum ditelan.
Kocok Anflat Sirup sebelum meminumnya. Gunakan sendok takar yang disediakan di kemasan. Jangan pakai sendok rumah karena akan mengurangi keakuratan dosis.
Obat jenis antasida dapat mempersulit tubuh untuk menyerap obat lain yang Anda konsumsi secara oral. Hindari mengonsumsi obat lain dalam waktu 2 jam sebelum atau 2 jam setelah Anda mengonsumsi Anflat.
Simpan obat dengan suhu di bawah 30° Celcius, letakkan di tempat kering dan sejuk.
Kalau Anda lupa minum dosis, lewati dosis yang terlewat jika sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya. Jangan minum dua dosis sekaligus.

Interaksi Anflat dengan Obat Lain
Anflat dapat berinteraksi dengan obat antasida lainnya, berikan jangka waktu 1–2 jam sebelum Anda minum obat antasida lain.
Anflat dapat mengurangi keefektifan obat-obatan lain. Contohnya, antibiotik Tetrasiklin (doxycycline, minocycline), suplemen zat besi, antibiotik quinolone (ciprofloxacin, levofloxacin), obat terapi kanker (pazopanib, dasatinib), obat gagal jantung (digoxin), obat HIV atazanavir, obat epilepsi (gabapentin), suplemen fosfat (potassium phosphate), obat imunosupresan (mycophenolate), dan obat antijamur (ketoconazole, itraconazole).
Hindari minum alkohol karena akan mengiritasi lambung dan memperparah gejala asam lambung.
Efek Samping dan Bahaya Anflat
Anflat memiliki efek samping umum yang cenderung tidak berbahaya dan efek samping serius yang membutuhkan penanganan dari dokter.
Efek samping umum
Diare
Mual dan muntah
Sembelit
Efek samping serius
Hilang nafsu makan
Nyeri saat buang air kecil
Nyeri otot
Mudah merasa lelah
Dehidrasi (susah buang air kecil, merasa haus, bibir dan mulut kering)
Efek samping alergi
Ruam, bintik-bintik, gatal
Sesak napas
Pusing yang parah
Bengkak di wajah, lidah, dan tenggorokan
Hubungi dokter bila Anda mengalami efek samping serius dan alergi agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.
Manfaatkan fitur Beli Obat dari Viva Apotek untuk mendapatkan obat yang Anda butuhkan. Ingat untuk selalu jaga kesehatanmu, ya!

Leave a comment

Explore
Drag