Skip links

British Propolis

British Propolis adalah suplemen herbal yang berguna untuk meningkatkan stamina, menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat pemulihan setelah sakit.

Merek Dagang British Propolis
Merek dagang British Propolis adalah British Propolis dan British Propolis for Kids.
Apa Itu British Propolis
Apa itu British Propolis?

Golongan: Obat tradisional
Kategori: Herbal
Manfaat: Menambah stamina dan menjaga daya tahan tubuh.
Digunakan oleh: Dewasa dan anak-anak
British Propolis untuk ibu hamil: Studi menunjukkan bahwa zat propolis relatif aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Meskipun begitu, tetap konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi herbal ini karena belum banyak studi pendukungnya.
British Propolis untuk ibu menyusui: Walaupun propolis dinilai aman untuk dikonsumsi ibu menyusui, tetap konsultasi dengan dokter tetap konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi herbal ini karena belum ada studi yang menjelaskan secara pasti.
Bentuk obat: Cairan
Peringatan Sebelum Menggunakan British Propolis
Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi British Propolis:

Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap produk dari lebah sebelum mengonsumsi herbal ini. JIka tidak, terdapat beberapa reaksi alergi yang berpotensi muncul seperti iritasi dan sariawan pada mulut.
Meskipun beberapa produk propolis lainnya bisa dioleskan pada kulit, tetap konsumsi British Propolis lewat mulut sesuai anjuran pada kemasan.
Hubungi dokter sebelum mengonsumsi British Propolis jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui.
Jika Anda memiliki kelainan pendarahan, informasikan dokter sebelum mengonsumsi herbal ini karena kandungannya berpotensi dapat memperlambat pembekuan darah.
Jika Anda akan menjalani operasi, hentikan konsumsi herbal ini 2 minggu sebelum operasi karena adanya potensi melambatnya pembekuan darah.
Meskipun herbal ini diklaim dapat menyembuhkan beberapa penyakit, utamakan saran dokter untuk penyembuhan yang lebih optimal. Tetap konsumsi obat medis pemberian dokter apabila memang dianjurkan.
Dosis dan Aturan Pakai British Propolis
Berikut adalah dosis dan aturan pakai untuk setiap produk British Propolis:

British Propolis
Dosis: Konsumsi sebanyak 4-5 tetes propolis dalam ½ gelas air hangat.
Pemakaian: Gunakan sebanyak 2-3 kali sehari.

British Propolis for Kids
Dosis: Konsumsi sebanyak 2-4 tetes propolis dalam ½ gelas air hangat.
Pemakaian: Gunakan sebanyak 1-2 kali sehari ketika sehat dan 3 kali sehari ketika sedang kurang sehat.
Manfaat British Propolis
Secara umum, British Propolis bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, serta mempercepat proses pemulihan. Zat propolis yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki beberapa sifat yang penting untuk kesehatan seperti antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan.

Peneliti sendiri menemukan adanya lebih dari 500 zat penyusun di propolis. Sebagian besar zat tersebut adalah polyphenois sebagai antioksidan untuk membasmi penyakit dan kerusakan pada tubuh.

Propolis juga mengandung beberapa zat penting lainnya seperti asam amino, vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti potasium dan magnesium. Dengan adanya zat ini, terdapat beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari konsumsi British Propolis seperti:

Meningkatkan kesehatan kulit: Propolis lazim digunakan untuk mempercepat regenerasi kulit untuk penyembuhan luka ringan atau peradangan kulit. Selain itu, ini juga berguna untuk mengurangi jerawat.
Menjaga kesehatan mulut: Tidak hanya mengatasi bau mulut, propolis dapat mencegah penyakit gusi seperti periodontitis dan gingivitis dengan membatasi tumbuhnya bakteri.
Meredakan peradangan: Karena memiliki sifat antiinflamasi, propolis dapat mengurangi beberapa jenis peradangan seperti radang tenggorokan. Gejala alergi juga dapat diredam dengan menekan respons peradangan tubuh terhadap alergen.
Menjaga kesehatan saluran pencernaan: Sifat antibakteri pada propolis berguna untuk mencegah infeksi akibat bakteri di organ pencernaan seperti lambung dan usus.
Mencegah kerusakan sel tubuh: Berkat zat antioksidan, propolis dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas sehingga terhindar dari penyakit kronis dan penuaan dini.
Mengatasi gangguan saluran pernapasan: Senyawa pada propolis dapat membantu meringankan beberapa masalah pada pernapasan seperti iritasi dan peradangan saluran napas, batuk, hingga meringankan asma.
Cara Menggunakan British Propolis dengan Benar
Berikut adalah cara konsumsi produk British Propolis yang tepat:

Teteskan cairan British Propolis ke dalam gelas berisi air hangat sesuai jumlah yang telah ditentukan di atas.
Aduk dengan menggunakan sendok, lalu segera minum selagi hangat.
Sebaiknya dikonsumsi sebelum atau atau pada malam hari sebelum tidur. Jika sedang mengalami maag, dianjurkan untuk konsumsi setelah makan.
Ikuti petunjuk penggunaan lainnya yang tertera pada kemasan atau arahan dari dokter.
Interaksi British Propolis dengan Obat Lain
Terdapat beberapa interaksi dan reaksi yang mungkin terjadi jika propolis seperti British Propolis dikonsumsi bersamaan dengan beberapa obat, contohnya:

Konsumsi obat pengencer darah seperti antikoagulan atau antiplatelet dengan propolis dapat memperlambat pembekuan darah. Ini bisa berbahaya jika Anda sedang mengalami pendarahan setelah kecelakaan atau situasi lainnya.
Jika dikonsumsi bersamaan dengan obat yang diurai oleh hati seperti obat yang mengandung cytochrome, propolis dapat mengubah seberapa cepat hati mengurai obat tersebut sehingga berpotensi memicu efek samping.
Meskipun dapat meningkatkan efektivitas dalam melawan bakteri, propolis yang dikonsumsi dengan antibiotik dapat mengganggu metabolisme jenis antibiotik tertentu. Konsultasi terlebih dulu dengan dokter jika Anda sedang dalam pengobatan antibiotik sebelum mengonsumsi propolis.
Karena bekerja dengan meningkatkan imun tubuh, propolis tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani pengobatan autoimun dan sedang mengonsumsi obat imunosupresif yang cara kerjanya berlawanan dengan propolis.
Konsumsi propolis dengan obat antidiabetes dapat berisiko memicu penurunan gula darah yang berlebihan atau hipoglikemia. Ini disebabkan karena keduanya sama-sama bertugas untuk menurunkan kadar gula darah.
Sama-sama memiliki sifat antiinflamasi, kombinasi antara propolis dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan aspirin tidak dianjurkan karena berisiko memicu pendarahan lambung.
Efek Samping dan Bahaya British Propolis
Walaupun terbuat dari bahan herbal dan relatif aman dikonsumsi bagi kebanyakan orang, produk propolis seperti British Propolis tetap memiliki potensi efek samping jika dikonsumsi secara tidak tepat, entah itu dalam dosis terlalu tinggi atau dikonsumsi oleh orang dengan kondisi tertentu.

Berikut adalah contohnya:

Reaksi alergi produk lebah: Gejala alergi yang umum terjadi yaitu gatal-gatal, ruam, bengkak pada wajah, hingga sulit bernapas.
Iritasi mulut: Dalam beberapa kasus, propolis dapat memicu iritasi pada mulut atau tenggorokan, sariawan, hingga bengkak pada bibir atau lidah.
Gangguan ginjal: Penggunaan propolis dalam dosis tinggi dan jangka panjang dapat berpengaruh terhadap fungsi ginjal dan hati. Ini juga dapat diperparah jika konsumsi propolis dikonsumsi bersama jenis obat tertentu seperti yang tercantum di atas.
Hipotensi: Karena bekerja dengan menurunkan tekanan darah, propolis dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang berlebihan atau hipotensi jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah rendah atau sedang mengonsumsi obat antihipertensi.
Masalah pencernaan: Jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, beberapa orang tertentu bisa mengalami masalah pencernaan ringan seperti mual, muntah, diare, hingga perut kembung.

Oleh sebab itu, tetap konsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus yang berisiko memicu efek samping sebelum mengonsumsi British Propolis.

Itulah beberapa informasi terkait berbagai produk obat British Propolis. Manfaatkan fitur Beli Obat dari Viva Apotek untuk mendapatkan obat yang Anda butuhkan. Ingat untuk selalu jaga kesehatanmu, ya!

Leave a comment

Explore
Drag