Skip links

Apa Saja Penyebab Payudara Terasa Nyeri Dan Kencang? Simak di sini

Payudara terasa nyeri dan kencang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh setiap wanita. Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang sendiri cukup beragam, mulai dari yang umum hingga yang harus diwaspadai. Nyeri payudara bisa dirasakan pada satu payudara atau keduanya. Selain itu rasa nyeri juga bisa menyebar hingga ke bagian ketiak.

Kenali Apa Saja Penyebab Payudara Nyeri dan Kencang

Meski sering dialami oleh banyak wanita dan biasanya tidak berbahaya, rasa nyeri pada payudara yang semakin parah tidak boleh Anda sepelekan. Untuk itu, kenali sejumlah hal yang menyebabkan payudara terasa nyeri dan kencang di bawah ini. 

1. Adanya Perubahan Hormon

Perubahan hormon estrogen dan progesteron dapat menyebabkan rasa nyeri dan kencang pada payudara, Perubahan kadar hormon ini terjadi dalam beberapa periode pada wanita diantaranya ketika menstruasi, kehamilan trimester pertama dan masa menyusui.

Pada periode tersebut payudara menyimpan banyak air sehingga membuatnya terasa nyeri dan kencang. Keluhan payudara nyeri akibat perubahan hormon menjadi penyebab yang normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. 

2. Infeksi Payudara (Mastitis)

Mastitis biasanya terjadi pada ibu yang sedang menyusui dimana saluran ASI tersumbat dan membuat bakteri tumbuh secara berlebihan. Selain menyebabkan payudara terasa nyeri dan kencang, infeksi payudara juga akan menimbulkan demam, kemerahan di kulit, serta benjolan di payudara. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mastitis yang dirasakan sampai menganggu aktivitas sehari-hari

3. Tumor Payudara

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang yang berikutnya adalah tumor di payudara. Tumor payudara dapat dirasakan jika ada benjolan bulat yang lunak dan mudah digerakkan pada payudara. Benjolan tersebut umumnya bersifat jinak dan tidak berbahaya. Jenis tumor payudara yang sering ditemukan adalah kista atau fibrokistik. 

4. Efek Samping Penggunaan Obat-obatan

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat KB hormonal dan antidepresan, munculnya rasa nyeri dan kencang di payudara bisa disebabkan oleh hal ini. Penggunaan obat-obatan tersebut dapat mengakibatkan penumpukan cairan di payudara sehingga membuat payudara terasa berat, kencang dan nyeri. 

Cara Mengatasi Payudara Terasa Nyeri dan Kencang

Untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:

  • Menggunakan bra yang tidak terlalu ketat
  • Mengurangi asupan makanan dengan kandungan lemak jenuh
  • Menghentikan kebiasaan buruk merokok
  • Mengompres payudara dengan air hangat
  • Mengurangi konsumsi kafein

Demikianlah ulasan tentang apa saja penyebab payudara terasa nyeri dan kencang. Apabila setelah melakukan semua tips di atas nyeri payudara tidak juga membaik, segera kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.  Terlebih lagi jika terjadi perubahan bentuk dan ukuran payudara dengan disertai keluarnya cairan bercampur darah. 

Leave a comment

Explore
Drag