Skip links
cara membakar kalori dengan cepat

4 Cara Membakar Kalori Dengan Cepat, Salah Satunya dengan Berjalan Kaki

Ada banyak aktivitas sehari-hari yang bisa dilakukan sebagai cara membakar kalori dengan cepat selain rutinitas olahraga, seperti berenang atau latihan kekuatan di gym. Dengan catatan anda sudah mengetahui aturan dan durasi yang dibutuhkan agar aktivitas tersebut efektif membakar kalori tubuh.

Cara Membakar Kalori Dengan Cepat

Bagaimana cara membakar kalori dengan cepat? Berikut beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa anda lakukan untuk membantu membakar kalori dalam tubuh, antara lain:

1. Berjalan kaki

Manfaat gerakan 10.000 langkah setiap hari ternyata selain dapat memperkuat otot dan tulang ternyata juga dapat membakar kalori. Bahkan dalam 30 menit, kaki mampu membakar lebih dari 2000 kalori. 

Tetapi, jumlah ini tergantung dari berat badan dan intensitas anda berjalan kaki. Berbeda lagi jika anda jalan cepat selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu. 

Aktivitas ini akan mengurangi gejala depresi serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sehingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

2. Memasak

Masak dalam waktu 30 menit bisa membakar kalori kurang lebih 75-111 kalori. Karena saat memasak, tanpa sadar cukup banyak aktivitas fisik yang berperan dalam membakar kalori, seperti berdiri, berjalan, memotong, mengangkat bahan makanan dan lain sebagainya. 

3. Membersihkan rumah

Saat anda bersih-bersih rumah, termasuk membersihkan selokan dan pekarangan rumah, jumlah kalori yang terbakar per menit adalah sekitar 150-222 kalori. Jadi, jangan lewatkan kegiatan ini setiap minggunya.

4. Minum teh hitam dan teh hijau

Cara membakar kalori dengan cepat terakhir, adalah mengonsumsi teh hitam dan teh hijau. Kedua teh ini mengandung kafein yang bisa meningkatkan pembakaran kalori. Kafein juga menjadi penyebab perubahan metabolisme di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan lebih banyak kalori yang terbakar. 

5. Dampak yang Ditimbulkan Akibat Kelebihan Kalori

Jumlah kalori yang terdapat dalam tubuh harus sesuai tidak boleh kurang atau lebih. Karena jika jumlh kalori terlalu tinggi, ada banyak risiko yang mengancam kesehatan anda. Berikut ini dampak atau masalah yang muncuk akibat kelebihan kalori:

6. Kerusakan pada otak dan hati

Sama halnya dengan kekurangan kalori yang bisa merusak saraf otak, kelebihan kalori juga bisa mengancam kesehatan otak dan hati. Jumlah kalori dalam tubuh yang berlebihan dapat menimbulkan racun yang bisa merusak kinerja otak dan hati.

7. Obesitas

Mengonsumsi karbohidrat, lemak dan protein yang terlalu banyak dapat memicu peningkatan berat badan atau obesitas. Obesitas bisa dengan mudah terjadi apabila anda banyak memakan asupan karbohidrat tanpa diimbangi oleh aktivitas fisik atau olahraga.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara membakar kalori dengan cepat dan dampak yang akan terjadi karena kelebihan kalori di dalam tubuh.

Leave a comment

Explore
Drag