Skip links
jumlah kalori yang terbakar berbeda tergantung tingkat metabolisme basal (BMR) masing-masing individu.   

4 Cara Membakar Kalori Saat Tidur dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Apa Saja?

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Tahukah anda bahwa proses pembakaran kalori tetap akan terjadi ketika sedang tidur? Walaupun anda hanya membutuhkan sedikit energi, tapi fungsi tubuh akan terus bekerja. Umumnya, cara membakar kalori saat tidur mampu membakar sekitar 50 kalori. Namun, jumlah kalori yang terbakar berbeda tergantung tingkat metabolisme basal (BMR) masing-masing individu.   

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Tidur

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar saat tidur, yaitu:

Jenis kelamin

Secara umum, laki-laki cenderung memiliki BMR lebih tinggi daripada perempuan. Hal ini dikarenakan laki-laki memiliki proporsi perbaikan dan regenerasi yang lebih tinggi.

Berat dan tinggi badan

Semakin berat dan tinggi tubuh seseorang, maka semakin banyak kalori yang dibutuhkan agar tubuh bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Aktivitas fisik

Diketahui otot membakar lebih banyak kalori dibandingkan lemak. Jadi, orang yang sering melakukan aktivitas fisik akan membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

Hormon dan kondisi medis

Hamil, menyusui, menopause, hipotiroid atau hipertiroid dan kondisi lain yang dapat meningkatkan atau menurunkan tingkat metabolisme basal. Nah, cara membakar kalori saat tidur atau untuk meningkatkan jumlah kalori yang dibakar saat tidur, anda perlu meningkatkan BMR. 

Cara Membakar Kalori Saat Tidur

Bagaimana cara membakar kalori ketika sedang tidur? Simak cara-caranya dibawah ini:

Hindari tidur terlalu larut

Tidur larut dinilai bisa meningkatkan risiko penambahan berat badan karena godaan untuk ngemil di tengah malam. Untuk menghindari hal tersebut, tidurlah lebih awal. Cara ini memang terlihat sederhana tapi dapat membantu tubuh membakar kalori dengan baik saat tidur.

Hindari asupan karbohidrat di malam hari

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Waktu terbaik untuk mengkonsumsinya adalah di siang hari bukan malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari mengonsumsi karbohidrat sebelum tidur, dan makan dengan porsi yang besar. 

Sebab, hal ini akan membuat anda sulit tidur karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan. Jadi, usahakan makan malam 1-2 jam sebelum tidur.

Mandi air panas

Bila anda ingin mandi sebelum tidur, maka gunakanlah air panas. Mengapa? karena air panas bisa meredakan ketegangan dan mengendurkan otot, serta mengeluarkan hormone oksitosin, atau hormone bahagia yang memunculkan perasaan senang.

Dapatkan paparan sinar matahari pagi secara langsung

Sinar matahari pagi bisa memperkuat ritme sirkadian dan memperkuat penurunan alami melatonin yang biasanya terjadi di pagi hari. 

Selain itu, cahaya matahari di pagi hari juga mengirimkan isyarat kuat ke otak yang akan membantu anda menjaga ritme sirkadian agar tetap teratur. 

Itu tadi beberapa cara membakar kalori saat tidur yang bisa menjadi referensi anda kedepannya. Selamat mencoba!

Leave a comment

Explore
Drag