Skip links
cara membakar kalori nasi putih

Bahaya dan Cara Membakar Kalori Nasi Putih dengan Efektif, Bantu Program Diet

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Bagaimanakah cara membakar kalori nasi putih? Sampai disini, Anda pastinya satu dari sekian banyak orang yang bertanya-tanya bukan? sebenarnya kalori merupakan istilah yang tidak asing di teling masyarakat khususnya bagi yang tengah menjalani program diet.

Mungkin Anda juga mengetahui mengenai dampak buruk dimana dapat muncul karena kelebihan kalori ini bukan? Memang satuan energi ini dibutuhkan untuk tubuh, tetapi apabila jumlahnya berlebihan ternyata dapat menyebabkan sejumlah dampak buruk nantinya termasuk juga obesitas.

Bahaya Kelebihan Jumlah Kalori Nasi Putih

Perlu diketahui bahwa dalam satu mangkok nasi putih biasanya terdapat kalori berjumlah 204 kalori. Angka tersebut sebenarnya akan memenuhi kebutuhan gizi harian sebesar 10 persen. Dan apabila mengkonsumsi nasi putih setidaknya 3 kali maka akan memperoleh sekitar 600 kalori dan belum termasuk juga dengan lauknya.

Kendati demikian tidak sedikit dari masyarakat justru akan mengkonsumsi nasi ini dengan jumlah berlebihan. Akibatnya membuat jumlah kalori yang terserap ke dalam tubuh juga cukup banyak. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kelebihan kalori dapat meningkatkan sejumlah penyakit.

Seperti obesitas atau kelebihan berat badan terutama kalau Anda tidak mengimbangi konsumsi karbohidrat dengan tinggi dengan aktivitas fisik seperti olahraga. Maka akan lebih mudah untuk ternyata penyakit obesitas.

Selain obesitas ternyata juga terdapat sejumlah masalah lainnya seperti kerusakan otak dan hati, dehidrasi, kerusakan organ ginjal hingga adanya risiko untuk terkena kanker.

Cara Membakar Kalori Nasi Putih Dengan Mudah

Sampai disini, Anda pastinya mencari cara untuk menurunkan jumlah kalori akibat dari konsumsi nasi putih bukan? Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan sejumlah tips dibawah ini yang dapat digunakan.

1.       Cobalah Naik Turun di Tangga

Apakah rumah Anda dua lantai? Kalau begitu maka menjadi cara efektif untuk menurunkan jumlah kalori dalam tubuh. Cobalah untuk naik turun tangga saat sedang berada di rumah dan apabila berada di luar, hindari penggunaan escalator ataupun lift.

2.       Lompat Tali

Bukan hanya untuk anak-anak saja, tetapi kegiatan lompat tali inilah juga dapat dilakukan bagi orang dewasa. Sebab melakukan lompat tallit selama 30 menit ternyata cukup efektif dalam membakar kalori sebesar 340 kalori sekaligus.

3.       Berlari

Kegiatan lari memang tidak hanya membuat capek tetapi juga memberikan segudang manfaat besar lho. Bagaimana tidak, hanya berlari sekitar 7 menit saja, Anda telah bisa membakar sekitar 100 kalori sekaligus lho.

4.       Berenang

Aktivitas fisik satu ini sangat seru untuk diikuti dan juga memberikan banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, ternyata juga mampu membantu untuk membakar kalori dalam tubuh.

Kebutuhan akan kalori yang cukup memang dibutuhkan oleh seseorang agar bisa mendapatkan energi, tetapi apabila jumlahnya berlebihan justru dapat mengakibatkan sejumlah masalah. Inilah Pentingnya agar mengetahui cara membakar kalori nasi putih dengan baik.

Leave a comment

Explore
Drag