Skip links

Mie Instan Berapa Kalori

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Mie tergolong salah satu makanan yang dibuat dari bahan tepung terigu ataupun tepung gandum. Banyak orang yang belum tahu mie instan berapa kalori, sehingga terkadang tidak memperhatikannya dalam konsumsi sendiri. Pada satu mie instan mengandung sedikit kalori, jumlahnya berkisar antara 188 sampai dengan 370 kilo kalori (kkal). 

Walaupun memang kandungan kalorinya cukup sedikit, namun mie instan ada kandungan monosodium glutamate (MSG). Bahan tambahan tersebut memunculkan cita rasa gurih, sehingga wajar kalau mie instan begitu laris di pasaran. Bahkan ada masyarakat yang menyetok mie dalam jumlah dus-dusan sebagai konsumsi rutin keluarganya saat tertentu. 

Kandungan Kalori Dalam Mie Instan

Sekarang sudah banyak sekali variasi jenis dan rasa mie instan yang beredar di pasaran. Kalori dalam mie instan biasanya sekitar 188 sampai dengan 370 kkal. Selain adanya kalori, mie instan juga memiliki asupan yang bisa memicu peningkatan berat badan atau kegemukan. Gangguan tersebut tentu bisa terjadi kalau anda mengonsumsi mie instan secara berlebihan. 

Ada kandungan bahan lain dalam mie instan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu anda cukup mengonsumsinya sebanyak 1 kali dalam seminggu. Berikut ini kandungan komposisi dalam 1 porsi mie instan:

  • Karbohidrat sebanyak 27 gram.
  • Lemak jenuh 3 gram.
  • Total lemak 7 gram
  • Protein 4 gram
  • Serat 0,9 gram
  • Natrium 861 gram

Sudah tahukan mie instan berapa kalori dan kandungan lainnya yang ada didalamnya. Mie instan sangat rendah serat dan protein sehingga berisiko menimbulkan gangguan lain misalnya buang air besar atau semacam sembelit. 

Gangguan Kesehatan Akibat Konsumsi Mie Instan Berlebihan

Mengonsumsi mie instan memang tidak masalah, asalkan tidak dijadikan konsumsi setiap hari karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Mau tahu apa saja gangguan kesehatan yang terjadi akibat konsumsi mie instan berlebihan?

  • Menimbulkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena kandungan natrium yang terlalu tinggi atau adanya natrium dalam mie instan. Jika konsumsinya terlalu banyak, maka akan menimbulkan risiko gangguan hipertensi. 

  • Diabetes

Mie instan memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga bisa memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan tersebut sebenarnya akan diolah oleh tubuh untuk menghasilkan energi supaya bisa menjalankan aktivitas dengan baik. 

  • Menyebabkan Keguguran

Keguguran bisa terjadi karena bumil mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang sangat tinggi. Pengawet pada mie instan bisa sangat berbahaya bagi janin, oleh sebab itu anda perlu waspada mengonsumsinya saat masih hamil. 

  • Sakit Kepala

Setelah mengetahui mie instan berapa kalori, maka anda harus tahu konsumsi terlalu berlebihan akan menyebabkan sakit kepala. Kandungan tersebut bisa memicu stimulasi otak berlebihan, sehingga menimbulkan sakit kepala. 

Leave a comment

Explore
Drag