Skip links
manfaat buah nanas

Ini Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Nanas adalah buah yang manis dan menyegarkan. Tak heran jika banyak orang yang menyukai buah yang satu itu. Selain enak untuk dimakan, ternyata nanas juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan, loh. Beberapa manfaat buah nanas untuk kecantikan akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Oleh karena itu, para wanita perlu menyimak artikel ini hingga akhir agar bisa menggunakan nanas untuk meningkatkan kecantikan wajah. Jadi, apa saja manfaat buah nanas untuk wanita?

Nanas Bisa Menjadikan Wajah Lebih Awet Muda

Manfaat pertama dari nanas adalah memberikan efek awet muda pada wajah. Hal itu bisa Anda rasakan jika mengonsumsi nanas secara rutin. Bagi wanita, penuaan merupakan momok menakutkan. Jadi, atasilah penuaan dini dengan menggunakan nanas.

Mengapa nanas bisa mencegah penuaan? Hal itu dikarenakan ada senyawa antioksidan dan vitamin C di dalam buah nanas. Dua senyawa itulah yang berperan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Antioksidan bagus untuk perawatan wajah dan senyawa tersebut sebenarnya banyak ditemukan dalam skincare. 

Namun, jika Anda tak mempunyai banyak budget untuk membeli skincare, Anda bisa menggunakan buah nanas untuk mendapatkan manfaat dari antioksidan tersebut. Selain dikonsumsi, manfaat tersebut juga bisa dirasakan dengan menjadikan nanas sebagai masker wajah.

Nanas Juga Bisa Mengobati Jerawat

Punya masalah dengan jerawat yang membandel? Jika iya, maka sudah waktunya Anda mencoba menggunakan buah nanas. Manfaat buah nanas yang lainnya adalah untuk mencegah dan mengurangi jerawat.

Lagi-lagi, hal itu bisa terjadi karena adanya antioksidan dan vitamin C pada buah nanas. Selain bisa mengatasi jerawat, nanas juga bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan mengatasi warna kulit yang tidak merata. 

Jadi, Anda bisa meminum jus nanas setiap harinya untuk mengobat jerawat dan meratakan warna kulit. Selain bisa mengurangi jerawat di wajah, jus nanas tersebut juga akan menjadikan kulit lebih sehat dan terhidrasi.

Namun, jangan menambahkan terlalu banyak gula ke dalam jus nanas tersebut. Dibandingkan menggunakan gula, Anda bisa menggunakan madu untuk memberikan rasa manis pada jus nanas tersebut. Kombinasikan jus nanas tersebut dengan perawatan kulit lainnya agar jerawat di wajah bisa segera hilang.

Nanas Bisa Digunakan untuk Mengeksfoliasi Kulit

Jika kulit Anda kusam, itu berarti kulit membutuhkan eksfoliasi. Saat ini memang banyak produk eksfoliasi, tetapi penggunaan nanas menjadi cara alami dan aman untuk melakukan eksfoliasi. 

Caranya adalah dengan menjadikan nanas sebagai masker. Kemudian, oleskan itu pada wajah dan gosok secara lembut seperti scrub wajah. Selain di wajah, itu juga bisa digunakan di area badan. Contohnya adalah di tumit yang kering.

Dengan begitu, sel kulit mati akan terangkat dan kulit akan terlihat lebih cerah. Anda bisa menambahkan sedikit gula untuk menjadikan scrub nanas tersebut lebih ampuh.

Berbagai manfaat buah nanas tersebut bisa didapatkan jika melakukan cara-cara tersebut secara rutin. Jangan lupa untuk menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Leave a comment

Explore
Drag