Skip links
sayuran yang bagus untuk ibu hamil

7 Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil, Apa Saja

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Selama hamil, tentu sangat penting untuk memastikan ibu selalu menjaga kesehatan diri sendiri yang juga akan memastikan kesehatan janin. Salah satu jenis makanan yang perlu diperhatikan selama hamil adalah konsumsi sayur-sayuran yang akan mampu mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko anemia, dan membuat janin mengembangkan berat yang ideal. Ini dia jenis-jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil.

1. Brokoli

Sayuran satu ini memiliki antioksidan yang bermanfaat terhadap sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Selain itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, brokoli juga dapat membantu ibu mencegah risiko sembelit. 

Tidak hanya serat dan antioksidan, brokoli juga memiliki berbagai nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil, yaitu vitamin C, vitamin K, vitamin A, zat besi, kalsium, zat besi, folat dan kalium. Mengkonsumsi brokoli dan sayuran hijau lain juga bisa mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

2. Kacang Polong

Kacang polong memiliki berbagai nutrisi penting untuk ibu dan janin yaitu zat besi, asam folat, magnesium, dan asam lemak yang sangat vital bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin. Kacang polong juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

3. Tomat

Sayuran yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya sering diperdebatkan eksistensinya, buah atau sayuran? Tomat memiliki antioksidan yang bagus untuk kulit. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dan zat besinya yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel.

4. Wortel

Wortel adalah sumber beta karoten yang sangat berguna dalam perkembangan jaringan saraf dan sel pada janin. Wortel juga memiliki antioksidan yang bisa mencegah dan menangkal radikal bebas dari luar. Kalsium dalam wortel juga dapat membantu perkembangan tulang dan gigi pada janin, serta mampu memperkuat imunitas ibu hamil. Tidak hanya itu, setelah melahirkan, wortel juga bisa meningkatkan kualitas air susu ibu.

5. Kubis

Kubis memiliki kandungan folat yang kaya. Mengkonsumsi folat yang cukup dapat mencegah kecacatan lahir pada bayi seperti celah langit-langit, cacat tabung saraf, sampai kelainan jantung. Tidak hanya itu, folat juga bisa mengurangi risiko terjadinya keguguran, dan anemia.

6. Sawi Hijau

Selanjutnya, sawi hijau adalah salah satu sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Sayuran yang cocok untuk ditumis atau dijadikan sebagai isi aneka sup ini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil seperti vitamin B, vitamin A dan vitamin K.

7. Daun Bawang

Biasanya kita menggunakan daun bawang sebagai pelengkap, tapi bahan ini mengandung banyak nutrisi penting untuk ibu hamil. Daun bawang memiliki kandungan vitamin B6 yang bisa meringankan mual di pagi hari. Daun bawang juga mengandung vitamin K untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

Leave a comment

Explore
Drag