Skip links
efek samping suntik kb 3 bulan

Efek Samping Suntik KB 3 Bulan

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Suntik KB sejatinya merupakan obat yan disuntikkan ke tubuh untuk mencegah kehamilan. Suntik KB 3 bulan ini dilakukan setiap 3 bulan, sama halnya seperti KB pada umumnya, terdapat efek samping suntik KB 3 bulan untuk ibu.

Bagi wanita karier, suntik KB 3 bulan menjadi salah satu solusi karena padatnya aktivitas. Pemilihan suntik KB ini dirasa lebih praktis dan juga cepat daripada meminum pil setiap hari yang dikhawatirkan akan lupa untuk meminumnya. Lantas apakah ada efek samping suntik KB 3 bulan? Berikut penjelasannya.

Tips Menggunakan KB Suntik 3 bulan

KB suntik 3 bulan diberikan oleh dokter ataupun petugas medis dibawah pengawasan dari dokter. Penyuntikan ini dapat dilakukan di lengan atas maupun di bokong. Untuk penyuntikkan, penting bagi anda untuk tidak melewatkan jadwal pemberian KB suntik.

Karena jika terlambat beberapa hari saja keefektivitasannya juga dapat menurun. Selain itu, anda juga wajib untuk selalu konsultasi dan periksakan diri ke dokter setelah penggunaan KB suntik. Penting bagi anda untuk mengetahui bahwa penggunaan KB suntik ini tidak dapat mencegah penyakit menular seksual.

Oleh karena itu selalu terapkan perilaku berhubungan seks yang sehat untuk mencegah penyakit menular seksual bagi anda maupun pasangan anda.

Efek Samping Suntik KB 3 Bulan

Ada beberapa efek samping yang mungkin saja dapat muncul setelah suntik KB 3 bulan antara lain :

Perubahan Siklus Menstruasi

KB suntik hanya mengandung progesterone yang dapat memengaruhi hormone. Sehingga, dapat berdampak pada siklus menstruasi yang lebih singkat atau bahkan beberapa juga dapat berhenti sama sekali.

Berat Badan Meningkat

Beberapa kasus ditemukan bahwa wanita yang suntik KB mengalami kenaikan badan sekitar 2 kilogram di periode tahun pertama.

Sakit Perut

Efek samping lain setelah suntik KB 3 bulan adalah sakit perut. Selain itu juga rasa kembung dan juga mual dapat dirasakan.

Sakit Kepala

Suntik KB juga dapat memberikan efek samping sakit kepala serta juga rasa pusing pada tubuh setelah suntik. 

Perubahan Suasana Hati

Selain beberapa efek samping pada fisik, suntik KB juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati seperti cemas. 

Jerawat

Suntik KB membuat perubahan hormon pada tubuh. Oleh karena itu, efek samping lainnya adalah munculnya jerawat. Karena hormon progesterone yang disuntikkan tersebut dapat memicu produksi lemak yang berlebih.

Menurunkan Gairah Seks

Walaupun tidak dialami oleh semua orang, namun penggunaan suntik ini dapat memicu penurunan gairah seksual. Pada dasarnya bagi anda yang ingin KB pun tidak disarankan untuk menggunakan KB suntik 3 bulan ini lebih dari 2 tahun.

Leave a comment

Explore
Drag