Skip links
buah yang dilarang untuk ibu hamil

Ketahui Fakta Dibalik Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Faktor nutrisi dan makanan yang dikonsumsi sangat penting bagi anda yang sedang hamil. Tidak hanya bagi kesehatan anda namun juga janin yang ada dikandungan. Termasuk dalam pemilihan makanan seperti sayuran dan juga buah – buahan. 

Ada beberapa buah yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan janin apabila dikonsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan. Walaupun memiliki ragam nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin, mengkonsumsi sembarangan dengan jumlah yang banyak juga tidak dianjurkan, namun apakah benar hal tersebut? Berikut adalah beberapa fakta dari jenis buah yang dilarang untuk bumil..

Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Pepaya Muda

Mengkonsumsi pepaya muda yang masih memiliki kulit berwarna hijau apabila mengkonsumsinya dalam porsi yang banyak akan berbahaya. Pasalnya, pepaya muda mengandung zat lateks atau getah yang dapat memicu kontraksi. Apabila dimakan pada saat usia kandungan kurang dari 5 bulan dapat menyebabkan keguguran, dan jika lebih dari 5 bulan dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Selain itu terdapat zat papain yang mengandung senyawa prostaglandin yang dapat memicu kontraksi. Bukan berarti benar-benar tidak boleh mengonsumsi. Jika ingin mengkonsumsinya jangan berlebihan dan pastikan juga untuk membersihkan getahnya dengan bersih.

Nanas

Sering kita mendengar nanas tidak boleh dikonsumsi. Fakta dibalik ini adalah buah nanas mengandung enzim bromelain yang apabila dikonsumsi terlalu banyak maka dapat menyebabkan perubahan protein dan memicu kontraksi janin.

Namun perlu diketahui, dalam satu buah nanas mengandung sedikit sekali enzim bromelain. Jika ingin mengkonsumsinya boleh saja asalkan jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan kontraksi.

Durian

Durian memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi sehingga jika dikonsumsi dapat menaikkan tekanan darah, gula darah dan juga kolesterol. Apabila ibu hamil ingin mengkonsumsi sebaiknya 2 biji saja, hal itu karena dapat beresiko meningkatkan gula darah dan kolesterol. Ibu hamil secara hormon sudah meningkat gula darah dan kolesterol maka lebih baik tidak memicu kenaikan dengan konsumsi makanannya.

Nangka

Nangka matang yang tidak difermentasi apabila akan dikonsumsi tidak menjadi masalah asalkan tidak berlebihan karena kandungan gula yang tinggi. Apabila yang dikonsumsi nangka mentah pastikan untuk membersihkan betul getah karena jika tidak menyebabkan alergi, iritasi dan memicu kontraksi dini.

Fakta Dibalik Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Dari beberapa daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil menjadi mitos tersebut sebetulnya bisa saja dikonsumsi asalkan tidak perlu berlebihan dalam jumlah porsinya. Namun, akan lebih baik jika anda untuk sementara waktu tidak mengkonsumsinya untuk menghindari efek samping dari buah yang dikonsumsi.

Leave a comment

Explore
Drag