Skip links
makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil

Penting! Inilah Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Sebab, jenis-jenis makanan tertentu memiliki potensi membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Melengkapi berbagai kebutuhan nutrisi ketika hamil memang wajib untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan bay. Sebab, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh pada kesehatan janin di dalam kandungan.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Walaupun ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi berbagai jenis makanan. Namun hal itu tidak berarti semua makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil ya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil, antara lain:

1. Kerang Mentah

Makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil yang pertama yaitu kerang mentah. Khususnya untuk ibu hamil dengan usia kehamilan trimester pertama. Kerang memang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, tidak dengan yang belum matang.

Menurut Jurnal U.S Library of Medicine, ikan mentah dan juga kerang, bisa menyebabkan infeksi. Dimana infeksi tersebut bisa berupa bakteri, virus, ataupun parasit.

2. Ikan dengan Merkuri Tinggi

Merkuri merupakan salah satu unsur yang sangat beracun dan biasanya ditemukan di air yang tercemar. Dalam jumlah yang tinggi, makanan dengan kandungan merkuri dapat menjadi racun untuk sistem saraf, ginjal, dan juga sistem kekebalan.

Berikut ini adalah beberapa ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi yang harus dihindari ibu hamil, antara lain:

  • Ikan hiu
  • Ikan todak
  • Makarel raja
  • Tuna (terutama ikan mata besar)
  • Ikan marlin

3. Minuman Berenergi

Pastinya hal ini akan sangat mengecewakan apabila Anda penggemar minuman tertentu. Sebab, minuman berenergi sangat tidak dianjurkan untuk diminum ketika hamil. Hal ini karena sebagian besar jenis minuman tersebut mengandung kafein yang sangat tinggi. Kandungan itulah yang sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

4. Jus Kemasan

Minuman dan makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil berikutnya adalah jus kemasan. Jus kemasan dinilai tidak sehat jika diminum secara sering seiring dengan kehamilan mudah berlangsung. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik hindari mengkonsumsi jus kemasan ketika masih hamil dan juga menyusui.

5. Keju atau Susu yang Belum Dipasteurisasi

Pasteurisasi merupakan proses pemanasan yang berguna untuk membunuh bakteri yang ada di dalam makanan ataupun minuman, tanpa merusak kandungan gizi di dalamnya. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik ibu hamil tidak mengkonsumsi susu yang belum dipasteurisasi. Karena bisa jadi susu tersebut masih mengandung bakteri yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Explore
Drag