Skip links
manfaat kacang hijau

4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Sebagai salah satu tanaman yang dapat tumbuh di hampir semua wilayah Indonesia, kacang hijau menempati posisi konsumsi sumber gizi yang baik. Kacang hijau diyakini memiliki beragam khasiat baik untuk kesehatan tubuh atau pun untuk pengobatan. Tak hanya dapat mengurangi risiko kanker dan mengobati penyakit beri-beri. Yuk, simak informasi 4 manfaat kacang hijau dalam ulasan berikut!

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang hijau memiliki asupan serat yang cukup untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan, satu di antaranya adalah diabetes. Penyakit diabetes terjadi karena tubuh tidak dapat menyerap serat sehingga terjadi lonjakan gula darah usai konsumsi makanan tinggi serat. 

Sebagai antisipasi dini, Anda dapat mengonsumsi kacang hijau secara rutin dan tentunya sesuai kebutuhan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan perihal cara mengolah kacang hijau yang baik untuk keperluan kesehatan tubuh. 

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Tak hanya dapat mengontrol gula darah, manfaat kacang hijau selanjutnya adalah  membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kacang hijau mengandung serat yang baik, potasium, dan juga magnesium. 

Penelitian ahli telah mengaitkan tiga kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kacang hijau tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada lebih kurang 26 penelitian menghasilkan temuan bahwa, makan satu porsi harian (+/- 130 gram) kacang-kacangan secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

  1. Mencegah Terjadinya Sembelit

Tahukah Anda, salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh individu ini dapat diatasi dengan mengonsumsi kacang hijau. Hal ini disarankan karena kandungan serat yang tinggi di dalam kacang hijau dapat membantu melancarkan proses pencernaan. 

Tak hanya itu, kacang hijau juga akan membantu meningkatkan jumlah air di dalam usus. Kondisi yang demikian akan membuat tinja yang terbentuk di dalam usus memiliki tekstur yang lebih lunak. Dengan begitu, buang air besar akan semakin lancar dan tanpa hambatan. 

  1. Berperan Sebagai Prebiotik

Selain dapat membantu melancarkan pencernaan, serat yang ada di dalam kacang hijau juga memiliki peranan sebagai prebiotik. Nutrisi tersebut menjadi sumber pangan utama untuk bakteri baik yang ada di dalam usus. Bukankah hal yang menarik untuk diketahui lebih dalam?

Dengan demikian, pertumbuhan dan fungsi bakteri akan selalu terjaga dan kondisi pencernaan pun menjadi lebih sehat serta terlindungi dari berbagai gangguan pencernaan. Dengan catatan, kacang hijau diolah secara benar dan dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan perihal 4 manfaat kacang hijau yang jarang diketahui orang. Selain 4 manfaat tersebut kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kacang hijau merupakan sumber kalsium yang baik untuk tulang sehingga memiliki peranan mengurangi risiko 

Leave a comment

Explore
Drag