Skip links
apa itu insecure

Apa Itu Insecure? Begini Pengertiannya

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Sebagian orang pasti pernah merasakan rasa tidak layak dan merasa tertinggal dari teman-teman sebayanya. Ya, insecure membuat kita jadi ragu terhadap segala kemampuan diri sendiri. Apapun itu, jika perasaan ini terus dibiarkan akan menghambat Anda untuk berkembang. Karenanya, cari tahu dulu apa itu insecure dan penyebabnya. 

Apa Itu Insecure?

Insecure merupakan perasaan tidak aman yang membuat Anda merasakan ragu atas kemampuan diri, atau merasa kurang percaya diri dalam beberapa aspek kehidupan. Bahkan, seseorang bisa sampai memandang keadaan di luar dirinya atau lingkungan sekitarnya sebagai ancaman dan membahayakan. 

Selain itu, perasaan insecure juga bisa dialami dalam pekerjaan atau job insecurity. Ketika Anda mengalaminya akan muncul perasaan cemas, merasa terancam ketika menghadapi pekerjaan di tempat kerja dan takut kehilangan pekerjaan. Hal ini membuat Anda jadi merasa tidak yakin mampu mempertahankan pekerjaan.

Penyebab Insecure

Berikut penyebab insecure yang bisa terjadi:

1. Rendahnya Harga Diri

Merasa rendahnya harga diri ini bisa terjadi biasanya karena pengalaman masa lalu yang buruk, kritik yang berlebihan, atau kurangnya pengakuan atas prestasi yang telah dicapai.

Maka tak heran, kondisi ini membuat seseorang merasa tidak berharga atau tidak pantas mendapatkan perhatian dan penghargaan dari orang lain.

2. Perbandingan Sosial

Perbandingan sosial menjadi situasi untuk membandingkan diri dengan orang lain. Ketika seseorang merasa orang lain lebih sukses, lebih menarik, atau lebih berprestasi, akan membuatnya merasa tidak aman dan khawatir berlebihan.

Terutama, adanya media sosial saat ini semakin memperkuat perasaan insecure. Hal ini lantaran karena sering kali orang hanya memperlihatkan sisi terbaik hidupnya, sehingga membuat orang lain merasa tidak sebanding dan iri.

3. Lingkungan Sosial yang Toxic

Lingkungan sosial yang tidak mendukung atau toxic juga memengaruhi munculnya perasaan insecure. Misalnya, memiliki teman-teman atau rekan kerja yang suka membanding-bandingkan atau merendahkan orang lain, hingga lingkungan keluarga yang tidak memberikan dukungan dan cinta dengan cukup.

Ketika Anda terus-menerus berada dalam lingkungan negatif tersebut, tanpa disadari akan mengembangkan perasaan insecure.

4. Ketakutan Akan Penolakan

Ketakutan akan penolakan termasuk faktor lain yang juga menyebabkan perasaan insecure. Seseorang mungkin mengalami kekhawatiran berlebih karena orang lain tidak akan menerima mereka atau akan mengecam mereka jika mereka menunjukkan siapa mereka sebenarnya.

Kekhawatiran tersebut muncul bisa disebabkan oleh pengalaman traumatis masa lalu orang tersebut atau karena rasa tidak percaya dirinya yang mendalam.

5. Pengalaman Traumatis

Pengalaman traumatis yang dialami seperti pelecehan, kekerasan, atau penolakan berulang juga menyebabkan adanya perasaan insecure.

Apalagi, trauma dapat merusak harga diri seseorang, membuat mereka tidak aman, dan mengembangkan pola pikir yang negatif tentang diri mereka sendiri.

Setelah mengetahui apa itu insecure. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Leave a comment

Explore
Drag