Skip links
mata kedutan sebelah kiri

Begini Penyebab Mata Kedutan Sebelah Kiri

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Banyak mitos yang menyebutkan kondisi mata kedutan sebelah kiri sebagai pertanda terjadinya sesuatu yang buruk atau baik pada seseorang. Padahal, kondisi ini bisa disebabkan telah terjadinya kondisi medis tertentu. Apalagi, jika kondisi ini berlangsung selama berhari-hari yang menyebabkan aktivitas Anda jadi terganggu. Lantas, apa penyebabnya? Berikut ulasannya!

1. Kelelahan dan Kurang Tidur

Mata kedutan sebelah kiri sering kali dialami karena aktivitas yang dijalani seharian penuh. Apalagi, jika Anda menggunakan mata untuk bekerja di depan layar komputer atau ponsel setiap harinya sehingga membuat mata kelelahan. 

Karenanya, mata terus mengalami kedutan akibat saraf mata menegang karena kelelahan. Untuk mengatasinya, istirahatkan mata dan tubuh Anda agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit dari akibat kurang tidur.

2. Konsumsi Kafein Berlebih 

Bukan hanya pada kopi atau teh, kandungan kafein juga ada pada beberapa makanan atau minuman jenis lainnya yang sering kali kita konsumsi, seperti cokelat, soda, dan es krim. 

Kafein yang masuk dalam tubuh dapat memengaruhi saraf pada otak dan membuat efek produktif pada tubuh, sehingga menyebabkan kurang tidur yang berakibat alami kedutan. 

Selain itu, konsumsi kafein secara berlebihan juga membuat otot saraf bagian mata menegang dan berakibat kedutan pada mata Anda.

3. Merokok dan Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dan rokok juga dapat membuat otot pada tubuh Anda menjadi tegang, terutama bagian otot mata. Bahkan, asap rokok dan alkohol memberikan dampak buruk pada tubuh yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis. 

Karenanya, pastikan untuk mengurangi alkohol dan menghindari asap rokok agar tidak terjadi kedutan lagi.

4. Iritasi Mata

Ketika terjadi iritasi pada mata akan membuat mata Anda sering mengalami kedutan. Hal ini lantaran adanya benda asing yang masuk ke dalam mata yang membuat otot dan saraf pada mata tegang sehingga mata jadi berkedut.

5. Bell’s Palsy

Bell’s palsy merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelumpuhan saraf wajah karena trauma. Kondisi ini membuat fungsi dari saraf wajah, seperti berkedip, ekspresi wajah dan impuls ke berbagai arah. Munculnya kedutan pada bagian mata termasuk salah satu gejala dari kondisi Bell’s palsy ini. 

Selain itu, ada juga gejala lain seperti mulut kering, kelumpuhan pada satu sisi mata, dan nyeri di rahang.

6. Kekurangan Gizi

Kondisi mata kiri kedutan juga bisa memberikan tanda Anda mengalami kekurangan nutrisi. Karenanya, Anda perlu memerhatikan kualitas dan gizi pada makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini berguna untuk tetap menjaga kualitas organ-organ tubuh Anda.

Itulah 6 penyebab mata kedutan sebelah kiri menurut medis yang sering kali dialami kebanyakan orang. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Explore
Drag