Skip links
apa itu ocd

Inilah Penjelasan Mengenai, Apa Itu OCD?

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Suatu penyakit sering kali muncul tanpa disadari seperti OCD yang tidak begitu kelihatan berbahaya apabila seseorang tersebut dapat mengontrolnya, meski begitu penyakit ini harus tetap ditangani karena akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan di kehidupan sosial penderitanya. Lalu, apa itu OCD? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu OCD?

OCD atau Obsessive Compulsive Disorder merupakan suatu penyakit psikis, karena masalahnya berhubungan dengan kesehatan mental seseorang, di mana seseorang akan merasa cemas berlebihan sehingga bisa dikatakan memiliki suatu obsesi yang tidak bisa dikontrol dengan mudah. 

Biasanya para penderita OCD sendiri sadar mengenai apa yang dilakukan dan adanya keinginan berlebihan dalam suatu tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang. Sering kali penderita ini merasa cemas tentang banyak hal, dari kegiatan rutin yang sering dilakukan seperti letak suatu barang harus terlihat seimbang satu dengan lainnya.

Seseorang yang menderita OCD tentu terganggu dengan pikirannya sehingga  membuat tidak nyaman dan merasakan ketakutan yang berlebihan bahkan penderita OCD yang tidak ditangani dengan baik dapat membahayakan diri sendiri.

Untuk penyebab dari OCD juga belum diketahui dengan pasti karena bisa diakibatkan dari berbagai hal, seperti adanya faktor temperamental di mana seseorang tersebut memiliki emosi yang tinggi dan memunculkan berbagai hal negatif. 

Gejala OCD

Gejala OCD yang sering muncul adalah pikiran yang menimbulkan rasa cemas dan sering kali melakukan tindakan yang berulang-ulang, seperti mencuci tangan. Tindakan yang dilakukan memang terlihat normal apabila Anda lihat sekilas saja. 

Namun jika Anda perhatikan dengan baik penderita OCD akan berekspresi cemas dan tidak nyaman karena  setiap orang yang mengalami OCD akan sangat memperhatikan detail bahkan mengelompokkan suatu barang atau benda dengan rapi.

Biasanya para OCD tidak mau terkena kotor karena memiliki ketakutan akan kotor, sehingga memiliki obsesi kebersihan secara berlebih. Maka, perlu dilakukan penanganan dengan cepat agar penderita tidak menyakiti dirinya sendiri. 

Bagaimana Penanganan OCD?

Meski terbilang penyakit tidak mengancam nyawa, tetapi perlu penanganan yang tepat, agar para OCD dapat beraktivitas sehari-hari dengan nyaman. Untuk itu, ada penanganan medis yang bisa membantunya adalah sebagai berikut. 

  1. Terapi 

Dengan melakukan terapi perilaku diharapkan dapat mengontrol emosinya dan bisa membuat penderitanya dapat lebih tenang, serta nyaman. Dengan melakukan terapi dapat membantu pikirannya tidak terpacu pada hal yang negatif saja.

  1. Obat

Untuk pasien OCD yang masih bisa dikontrol akan resepkan obat psikiatrik yang  dapat membantu untuk mengendalikan obsesi atau tindakan yang berlebihan.

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu OCD dan apabila seseorang mengalami gejala seperti OCD segeralah lakukan konsultasi kepada dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat agar pikirannya juga tenang. 

Leave a comment

Explore
Drag