Skip links
Neurobion Forte - Viva Apotek

Neurobion Forte: Manfaat, Kandungan, Dosis, dan Aturan Pakai

Neurobion Forte – Mungkin Anda sudah tidak asing dengan suplemen vitamin yang satu ini. Neurobion dan Neurobion Forte dapat dengan mudah ditemukan di apotek maupun di minimarket sekali pun. Tapi, apakah Anda sudah mengenal manfaat dari Neurobion Forte? Jika belum, ayo simak penjelasan lengkapnya di sini!

Manfaat Neurobion Forte

Jadi, apa saja manfaat dari Neurobion Forte? Umumnya, Neurobion Forte digunakan untuk mendukung kesehatan saraf serta mengatasi kondisi yang melibatkan defisiensi vitamin B. Kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan gejala kesemutan dan kebas.

Neurobion Forte bermanfaat untuk mencegah maupun mengobati Neuropati (gangguan sistem saraf) akibat kekurangan vitamin B neurotropik (B1, B6, B12). Beberapa manfaat lain dari Neurobion Forte adalah untuk membantu tubuh menyerap energi makanan dan menghasilkan sel darah merah.

Tidak hanya itu, berkat kandungan vitamin B di dalamnya, Neurobion Forte juga berguna dalam meredakan gejala berbagai penyakit yang disebabkan oleh defisiensi vitamin B seperti beri-beri, sariawan, infeksi mata, anemia, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Neurobion

Selain Neurobion Forte, masih ada jenis lain dari vitamin Neurobion ini. Agar tidak salah memilih, perhatikan jenis-jenis Neurobion di bawah ini dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Neurobion Injeksi

Golongan: Obat Keras

Kandungan: Per 3 ml ampul mengandung vitamin B1 100 mg, vitamin B6 100 mg, dan vitamin B12 1.000 mcg

Kemasan: Ampul @ 1 ml

2. Neurobion Tablet (Putih)

Golongan: Obat Bebas

Kandungan: Vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, dan vitamin B12 200 mcg

Kemasan: Strip @ 10 Tablet

3. Neurobion Forte (Pink)

Golongan: Obat Bebas

Kandungan: Vitamin B1 100 mg, vitamin B6 100 mg, dan vitamin B12 5000 mcg

Kemasan: Strip @ 10 Tablet

Perbedaan Neurobion dan Neurobion Forte

Setelah membaca jenis-jenis Neurobion, apakah Anda bingung dengan perbedaan antara Neurobion tablet putih dan Neurobion Forte yang berwarna pink? Nah, ayo perhatikan perbedaannya!

Meskipun keduanya memiliki kandungan yang sama, namun yang menjadi pembeda adalah dosis dari masing-masing kandungannya. Sesuai dengan namanya yaitu Forte yang berarti kuat, Neurobion Forte memiliki dosis yang lebih tinggi dibandingkan dengan tablet Neurobion biasa. Kandungan Vitamin B12 pada Neurobion Forte lebih tinggi daripada Neurobion.

Umumnya, Neurobion Forte digunakan pada orang-orang dengan kebutuhan vitamin neurotropik lebih tinggi seperti lansia atau penderita diabetes. Sebelum menentukan jenis Neurobion mana yang sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau dokter spesialis saraf, ya.

Dosis dan Aturan Pakai Neurobion

Meskipun Neurobion dalam bentuk tablet termasuk dalam golongan obat bebas dan dapat digunakan tanpa resep dokter, Anda tetap perlu memperhatikan dosis, aturan pemakaian, dan lama penggunaan. Sebaiknya, dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker agar tidak keliru.

Selain itu, untuk Neurobion injeksi, dosis penggunaannya harus dilakukan oleh tenaga medis profesional dan resep dokter. Sebelum menggunakan Neurobion tablet atau injeksi, perhatikan dosis dan cara penggunaannya. Dosis Neurobion secara umum untuk orang dewasa berdasarkan jenisnya adalah sebagai berikut.

  • Neurobion: 1 tablet, 1–3 kali sehari.
  • Neurobion Forte: 1 tablet, 1 kali sehari.
  • Neurobion 5000 Injeksi: 1 kali sehari hingga gejala mereda, lalu 2–3 kali per minggu untuk perawatan dan pencegahan.

Cara Pakai Neurobion

Beberapa aturan pakai Neurobion yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

  • Neurobion tablet dapat dikonsumsi pada saat makan atau sesudah makan, sedangkan Neurobion Forte perlu dikonsumsi pada saat makan.
  • Neurobion suntik hanya diberikan oleh dokter atau tenaga medis di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain.
  • Selalu ikuti anjuran dokter dan baca aturan pakai pada kemasan. Jangan menambah dosis atau mengonsumsi terlalu sering untuk menghindari efek samping.
  • Neurobion merupakan suplemen yang sebaiknya dikonsumsi hanya sebagai pelengkap asupan vitamin, terutama jika nutrisi dari makanan tidak mencukupi. Neurobion tidak dapat dijadikan pengganti nutrisi dari makanan.
  • Simpan Neurobion di tempat kering, sejuk, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Itu dia penjelasan lengkapnya tentang Neurobion Forte! Jika Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi Neurobion Forte oleh dokter, Anda bisa segera membelinya di apotek terdekat. Anda bisa mengunjungi lokasi Viva Apotek terdekat atau berbelanja langsung dari toko online kami di Viva Apotek. Produk Neurobion Forte juga dapat Anda temukan di e-commerce Viva Apotek di Shopee dan Tokopedia.

Yuk, jaga kesehatan saraf Anda dengan memenuhi kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 bersama Neurobion Forte. Simak juga artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Sumber:

  • Neurobion Forte – https://www.neurobion.com/id_ID/halaman-utama/produk/neurobionforte.html?gad_source=1&gclid=CjwKCAjw3P-2BhAEEiwA3yPhwMWfFfyEDklPg9kUAdFXVCHcXpNpxGHHu7uieDECPuaEShXzLWvtsxoCQgsQAvD_BwE.
  • Alodokter – https://www.alodokter.com/neurobion.
  • Klikdokter – https://www.klikdokter.com/obat/vitamin-dan-suplemen-dewasa/neurobion.

Leave a comment

Explore
Drag