Skip links
cara melancarkan haid

6 Cara Melancarkan Haid Dengan Mudah

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Haid atau menstruasi hal yang setiap bulan akan terjadi pada setiap wanita, namun ada beberapa kasus di mana siklus haid tidak lancar yang dapat mengakibatkan sakit yang cukup mengganggu untuk kegiatan sehari-hari, hal ini sering terjadi seperti konsumsi asupan yang kurang sehat. Lalu, bagaimana cara melancarkan haid?

Mengetahui Tentang Haid

Haid atau menstruasi merupakan proses reproduksi alami yang dialami oleh setiap wanita, di mana dalam teori siklus menstruasi wanita sekitar 28 hari. Namun, tidak semua wanita dapat haid dengan siklus 28 hari sehingga kondisi ini dikatakan sebagai haid yang tidak lancar. 

Maka jika Anda mengalami keterlambatan haid selain akibat kehamilan, Anda harus bisa menstabilkannya agar tidak muncul gejala seperti nyeri berlebihan. Terlambat haid seringkali dialami wanita karena beberapa faktor, seperti stres.

Cara Melancarkan Haid

  1. Minum vitamin

Minum vitamin secara rutin ternyata dapat melancarkan haid, karena jika asupan vitamin D Anda kurang dapat menghambat siklus haid. Vitamin dapat Anda temukan pada produk susu, baik susu cair atau sereal. Anda juga bisa berjemur setiap pagi di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D dan pastikan Anda memenuhi asupan vitamin D dan B dengan teratur.

  1. Olahraga ringan secara teratur

Olahraga penting dilakukan karena memberikan banyak manfaat pada tubuh Anda, terutama untuk menjaga tubuh tetap sehat, namun juga bisa mengurangi nyeri yang terjadi ketika Anda sedang haid dan siklus haid Anda bisa teratur kembali.

  1. Menjaga berat badan

Ternyata kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan dapat membuat haid tidak lancar, sehingga Anda harus bisa menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain itu, tubuh Anda juga bisa lebih sehat dan nyaman. 

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat tentu Anda dapat membantu memperlancar haid Anda, karena ada berbagai makanan yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Minum air putih hangat 

Untuk Anda yang mengalami haid tidak teratur, perlu untuk minum air hangat yang akan membantu siklus haid Abda lancar dan mengurangi risiko nyeri sebelum haid dan ketika haid, serta mengurangi terjadinya kram pada perut.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat ternyata tidak hanya melepaskan penat ketika lelah bekerja atau aktivitas di luar, tapi juga bisa mengendurkan otot-otot yang tegang dan mampu mengurangi stress, sehingga haid Anda bisa lancar.

Dari beberapa cara melancarkan haid di atas bisa Anda coba untuk menerapkan hidup sehat dari sekarang, terutama untuk agar tubuh bisa lebih relaks atau tidak kaku, sehingga ketika waktunya datang bulan bisa tepat waktu dan tidak mengalami sakit nyeri.

Leave a comment

Explore
Drag