Skip links
apa itu hernia

Apa Itu Hernia dan Jenis-Jenisnya?

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Secara umum, hernia menjadi salah satu penyakit yang tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga bisa menyerang anak-anak, walaupun penyakit hernia cukup umum terjadi apabila anak terlahir prematur atau memang keturunan, hernia berupa benjolan yang muncul pada area perut atau sendi yang lemah. Untuk mengetahui tentang apa itu hernia, simak penjelasannya berikut ini. 

Mengetahui Tentang Apa Itu Hernia

Hernia merupakan suatu kondisi di mana muncul adanya tonjolan pada organ. Biasanya terjadi karena jaringan yang melemah pada dinding otot. Hernia sendiri memiliki berbagi jenis yang berbeda,  baik secara akut atau kronis dan memiliki ukuran yang juga beragam. 

Maka, penyakit hernia perlu ditangani segera agar tidak menyumbat aliran darah yang dapat mengakibatkan kematian. Dengan mengetahui bahayanya penyakit hernia ini, Anda perlu melakukan pencegahan dari sekarang. 

Jenis-Jenis Hernia

  1. Hernia Inguinalis

Jenis hernia inguinalis sering kali dialami oleh pria, biasanya munculnya inguinalis berupa benjolan pada selangkangan. Di mana benjolan tersebut dapat menghilang apabila Anda berbaring. Gejalanya panas, nyeri, dan bengkak pada skrotum pria. 

  1. Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis berbeda  gejalanya. Untuk hernia jenis ini banyak dialami oleh bayi karena tali pusatnya belum menutup sempurna. Gejala yang dialami adalah sembelit,  demam, muntah, hingga ada rasa nyeri dan penuh ketika ditekan.

  1. Hernia Femoralis

Hernia femoralis adalah jenis hernia yang terjadi pada sebagian usus menuju ke paha atas, di mana kondisi ini banyak dialami wanita yang memiliki berat badan berlebih. Untuk gejala yang ditimbulkan seperti munculnya benjolan di paha atas, menimbulkan rasa nyeri pada selangkangan, munculnya nyeri perut yang mengakibatkan mual maupun  muntah. 

  1. Hernia Insisional

Hernia insisional adalah jenis hernia yang kondisi muncul pada sebagian jaringan lunak. Untuk gejala yang ditimbulkan, sembelit, muncul benjolan berada di sekitar bekas luka yang dioperasi, hingga demam.

  1. Hernia Hiatus atau Diafragma

Hernia hiatus atau diafragma ini jenis hernia yang muncul di sebagian lambung. Gejala umum yang muncul adalah panas, perih, nyeri pada ulu hati, sesak napas, mengalami kesulitan saat menelan, asam lambung terus naik, hingga terasa nyeri pada bagian perut bahkan dapat dilihat dari tinja yang mengalami perubahan warna menjadi kehitaman.

  1. Hernia Epigastrik

Hernia epigastrik adalah kondisi yang muncul pada sebagian usus yang menembus hingga dinding ke perut bagian atas. Gejala yang ditimbulkan seperti muncul benjolan pada pusar, nyeri dan lainnya.

Dengan berbagai jenis hernia di atas, Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan untuk bisa mengetahui dengan pasti apakah ada muncul gejala hernia atau tidak. Mengetahui apa itu hernia tentu membantu Anda sadar akan menjaga kesehatan tubuh. 

Leave a comment

Explore
Drag