Skip links
tanda tanda sembuh dari pneumonia

Apa Itu Pneumonia dan Bagaimana Tanda-Tanda Sembuh Dari Pneumonia

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Pneumonia adalah radang paru-paru yang terjadi karena infeksi bakteri, virus, parasit atau jamur. Pneumonia bisa saja sembuh di rumah apabila dilakukan konsumsi obat yang intensif. Sehingga anda harus mengetahui tanda-tanda sembuh dari pneumonia untuk mengidentifikasi diri sendiri selama dirawat di rumah.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, penyakit, atau jamur. Selain infeksi, pneumonia juga bisa terjadi karena adanya zat asing yang masuk ke dalam paru-paru. Yang mana zat tersebut menghasilkan infeksi di dalam paru-paru.

Secara umum ada tiga jenis pneumonia, diantaranya:

  1. Pneumonia akibat virus

Pneumonia akibat virus terjadi karena infeksi virus penyebab batuk pilek dan flu. Misalnya seperti influenza, hantavirus, adenovirus, dan coronavirus.

  1. Pneumonia akibat jamur

Jamur yang menjadi penyebab utama pneumonia adalah jamur Histoplasma dan Cryptococcus, serta Coccidioides. Jamur-jamur ini bisa ditemukan pada kotoran burung dan tanah. Orang yang terlalu banyak menghirup spora jamur-jamur di atas bisa berisiko terserang pneumonia.

  1. Pneumonia akibat bakteri

Bakteri yang menyebabkan penyakit pneumonia antara lain; Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, dan Haemophilus influenzae.

Pengobatan Pneumonia di rumah

Penanganan pasien yang terinfeksi pneumonia sangat beragam. Sebab penanganan dan perawatan bergantung kepada penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi kesehatan pasien secara umum. Pneumonia yang diatasi dengan cepat dan tepat akan mengurangi risiko kematian.

Oleh karena itu sebagai penanganan awal di rumah, anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memunculkan tanda-tanda sembuh dari pneumonia.

  1. Mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid atau aspirin, misalnya ibuprofen atau asetaminofen. Obat tersebut berfungsi untuk mengurangi demam tinggi pada penderita
  2. Meningkatkan jumlah konsumsi air mineral. Dengan minum air putih dalam jumlah banyak, proses sekresi akan lebih longgar dan penderita bisa mengeluarkan dahak lebih mudah.
  3. Mengonsumsi obat batuk sesuai saran dokter. Jangan memilih obat batuk secara sembarangan.
  4. Menghindari asap rokok. Rokok berpotensi memperparah infeksi pada paru-paru anda, jadi hindari rokok.
  5. Memperbanyak istirahat. Istirahat yang cukup dan hindari aktivitas berlebihan sampai anda benar-benar pulih
  6. Memakan makanan bergizi. Konsumsi makanan yang kaya protein, kalori, dan antioksidan. 

Tanda kesembuhan pasien dari pneumonia adalah gejala-gejala yang cenderung membaik. Hal tersebut bisa dikonfirmasi melalui rontgen atau tes penunjang lain dari dokter. Jadi, selain mengobati di rumah pastikan anda ke dokter untuk berkonsultasi mengenai penyakit ini, ya!

Demikian adalah ulasan singkat mengenai pneumonia dan tanda-tanda sembuh dari pneumonia. Pneumonia bisa anda obati sendiri di rumah selama dilakukan dengan tepat. Apabila keadaan pasien dirasa semakin buruk, maka segera larikan ke rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan profesional. 

Leave a comment

Explore
Drag