Skip links
demam turun setelah minum obat kemudian naik lagi_

Apa Penyebab Demam Turun Setelah Minum Obat Kemudian Naik Lagi

Tubuh yang mengalami kenaikan suhu disebut dengan demam. Tak jarang, ada kejadian demam turun setelah minum obat kemudian naik lagi. Banyak orang mengatasi hal ini dengan cara beristirahat dan meminum obat. Namun, bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi hal ini?

Penyebab utama demam naik turun

Demam naik turun terjadi biasanya dibarengi dengan gejala-gejala lain, seperti sakit kepala. Penyebab utama dari demam adalah infeksi. Terutama infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, bahkan saluran reproduksi wanita.

Penyebab dari demam turun setelah minum obat kemudian naik lagi tergantung dari gejala-gejala yang dialami ketika demam. Demam naik turun disertai bintik-bintik merah menunjukkan indikasi penyakit demam berdarah, cacar, atau campak.

Demam naik turun beserta batuk pilek terjadi karena adanya infeksi terhadap saluran pernafasan. Sedangkan demam naik turun dan badan terasa pegal-pegal keumungkinan disebabkan oleh penyakit malaria. Ketika anda mengalami hal-hal tersebut dan bertahan kurang lebih selama 3 hari. Sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Langkah-langkah dalam mengatasi demam naik turun

Sebagai penanganan awal, anda bisa mengkonsumsi obat acetaminophen atau ibuprofen. Pemberian obat ini sebaiknya bisa didiskusikan dengan dokter terkait dosisnya. Setelah itu, anda lakukan langkah-langkah di bawah ini sebagai penanganan lebih lanjut.

1. Mengonsumsi air putih secara rutin

Saat mengalami demam naik turun, tubuh akan mengalami penurunan cairan dalam tubuh. Setiap suhu tubuh naik 1o Celcius, maka tubuh akan kehilangan cairan sebesar 10%. Tubuh juga mengalami kehilangan ion yang terkandung di dalam cairan tubuh.

Oleh karena itu, usahakan untuk meminum banyak air putih agar kebutuhan cairan anda tetap terpenuhi.

2. Beristirahat lebih 

Demam yang naik turun juga bisa diperparah dengan kurangnya beristirahat. Pastikan anda beristirahat dengan cukup ketika mengalami demam. Agar tubuh anda bisa melawan virus atau penyakit penyebab demam dengan lebih optimal.

Selain mengistirahatkan badan, pastikan pikiran anda tidak mengalami stress. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan tubuh anda.

3. Mengompres dengan air hangat

Lakukan pengompresan pada anggota tubuh dengan pembuluh darah yang besar seperti leher, ketiak, dan selangkangan. Kompres air hangat bisa membantu pembuluh darah tepi menjadi melebar.

Akibatnya, pori-pori kulit akan terbuka sehingga suhu panas tubuh akan lebih mudah keluar.

4. Memakai pakaian tipis

Gunakan pakaian yang tipis untuk memperlancar sirkulasi suhu tubuh anda. Baju yang tebal akan memerangkap suhu tubuh sehingga demam menjadi susah turun.

Penyebab demam turun setelah minum obat kemudian naik lagi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dimulai dari infeksi. Oleh sebab itu, ketika mengalami demam naik turun pastikan anda mengikuti langkah-langkah di atas agar kondisi anda cepat membaik. 

Leave a comment

Explore
Drag