Skip links
demam anak naik turun selama 1 minggu

Demam Anak Naik Turun Selama 1 Minggu, Apa Artinya

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Banyak orangtua yang mengira demam adalah penyakit, padahal demam adalah reaksi pertahanan tubuh dari virus maupun bakteri jahat. Suhu tubuh anak yang normal adalah sekitar 37 ÂşC jika suhu tubuh anak sudah berada di angka 38 ÂşC, anak baru bisa dikatakan demam. Tapi apa artinya jika demam anak naik turun selama 1 minggu?

Penyebab Naik Turunnya Demam Anak

Tubuh anak akan meningkatkan suhunya untuk membunuh virus atau bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh, jika demam naik dan turun berulang-ulang, bisa disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu seperti demam berdarah, atau tipes.

Seberapa tinggi demam anak adalah hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Demam dengan suhu 39 ÂşC biasanya tubuh sedang memerangi virus atau bakteri yang cukup ringan, dan umumnya akan turun sendiri dalam beberapa hari. Jika demam anak lebih tinggi daripada 39 ÂşC, Anda harus membawa anak ke rumah sakit.

Cara Menangani Demam Anak Naik Turun

Demam anak naik turun selama 1 minggu tentu saja bukan pertanda baik. Pastikan Anda memperhatikan suhu demam anak, jika sudah mencapai 39 ÂşC segera bawa anak ke rumah sakit. Jika masih di bawah 39 ÂşC ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat anak yang demam.

Cara pertama adalah memberikan obat-obatan yang mudah didapatkan seperti paracetamol dan ibuprofen dan berikan pada anak sesuai dengan petunjuk yang sudah disediakan. Anda juga bisa mengompres anak dengan air hangat, berikan anak pakaian yang tipis dan nyaman, dan jaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

Demam bisa menyebabkan keringat yang membuat tubuh anak kehilangan cairan. Pastikan Anda memberikan cairan yang cukup pada anak untuk menghindari dehidrasi yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan lain.

Jika diperlukan, Anda juga bisa memberikan cairan elektrolit pada anak. Elektrolit berfungsi untuk menjaga organ tubuh dan sel berfungsi secara normal. Elektrolit juga lebih cepat diserap oleh tubuh untuk menggantikan cairan yang hilang.

Amati Gejala Lain

Selain memastikan suhu tubuh anak, Anda juga perlu memperhatikan gejala-gejala lain yang terjadi ketika demam anak naik turun selama 1 minggu. Gejala-gejala yang perlu diperhatikan adalah ruam, sering muntah, dehidrasi, sakit perut, sakit kepala, sulit dibangunkan dari tidur, dan lemas. 

Jika anak mengalami demam lebih dari 3 hari berturut-turut apalagi sampai seminggu dan disertai dengan gejala-gejala di atas, Anda harus segera membawa anak ke Instalasi Gawat Darurat (UGD) terdekat supaya dokter bisa segera memberikan penanganan dan perawatan. Pastikan jangan menunggu terlalu lama sampai penyakit menjadi parah.

Leave a comment

Explore
Drag