Skip links
cara mengobati cacar air pada anak

Ibu Tidak Perlu Cemas, Ada 4 Cara Efektif Obati Cacar Air Tanpa Membuat Anak Menangis

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Cacar air muncul karena virus Varicella zoster. Anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun. Cara penularan cacar air melalui kontak langsung. Lalu bagaimana cara mengobati cacar air pada anak?

Kenali Gejala Awal Munculnya Cacar Air

Sebelum mengetahui cara mengobati, sebaiknya Anda perlu mengenali gejala-gejala cacar air yang terjadi pada anak:

1. Gejala Fase Awal

Gejala cacar air yang terjadi di fase awal meliputi sakit kepala, nyeri pada otot, mual, nafsu makan menurun, sampai dengan demam. Biasanya anak akan mudah rewel meskipun masih dalam fase awal. Sebab anak sudah merasakan rasa yang kurang nyaman pada tubuhnya.

2. Gejala Fase Perkembangan

Gejala cacar air pada fase perkembangan ini mulai muncul benjolan-benjolan kecil berwarna merah di seluruh bagian tubuh. Benjolan-benjolan tersebut menjadi melepuh dan mengandung cairan. Jika benjolan berisi cairan tersebut sudah pecah, maka akan kering dan berkerak sebagai tanda cacar air sudah mulai sembuh. 

Cara Efektif Mengobati Cacar Air Pada Anak

Cacar air membuat anak menjadi tidak nyaman. Ibu tidak perlu cemas, karena ada cara mengobati cacar air pada anak berikut ini:

1. Pilihkan Pakaian Katun Dan Longgar

Ketika terserang penyakit cacar air, Anda sebaiknya memilihkan pakaian yang tepat untuk anak pakai. Pakaian berbahan katun memiliki tekstur yang lembut, namun pilihkan yang longgar. Pakaian yang longgar membuat benjolan-benjolan cacar air tidak mudah menempel pada kain.

2. Kompres Atau Mandi Air Hangat

Mengalami cacar air, anak tetap harus menjaga kebersihan. Bantulah anak Anda dengan mengompres setiap luka cacar air dengan air hangat atau lebih baik mandi air hangat. Untuk hari-hari awal menderita cacar air, maka disarankan mandi air hangat setiap tiga jam sekali. Namun, jangan menggosok bagian benjolan, cukup tepuk-tepuk saja dengan handuk yang lembut.

3. Penuhi Asupan Cairan Pada Tubuh

Dalam kondisi sehat, anak tidak boleh sampai dehidrasi begitupun ketika cacar air. Cara mengobati cacar air asupan cairan pada anak harus terpenuhi. Sediakan air putih, susu formula, atau sup hangat untuk anak Anda konsumsi.

4. Oleskan Lotion Pada Bagian Yang Gatal

Untuk bagian cacar air yang terasa gatal, Anda dapat membantunya dengan mengoleskan lotion. Ada lotion khusus yang efektif meredakan rasa gatal akibat cacar air bernama lotion calamine. Namun, hindari mengoleskannya pada wajah dan area mata.

Anak Anda tetap perlu diperiksakan ke dokter agar mendapat obat untuk diminum. Sehingga kondisi anak akan cepat membaik. Itulah cara mengobati cacar air pada anak yang efektif tanpa membuat ibu merasa cemas.

Leave a comment

Explore
Drag