Skip links
kadar gula darah normal wanita usia 40 tahun

Ini Dia Kadar Gula Darah Normal Wanita Usia 40 Tahun

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Jika Anda wanita berusia 40 tahun, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan gula darah. Terutama jika Anda sering mengalami tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, atau memiliki keluarga riwayat diabetes. Hal ini lantaran diabetes dapat meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Berapa sih kadar gula darah normal wanita usia 40 tahun? Yuk simak ulasannya!

Jumlah Kadar Gula Darah Normal Wanita Usia 40 Tahun

Kebanyakan penderita diabetes tidak menyadari telah mengalami diabetes sehingga seringkali tidak segera ditangani. Pada akhirnya berakibat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi hingga kematian.

Karenanya, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah normal secara rutin, terutama jika Anda termasuk wanita berusia 40 tahun. Hal ini juga untuk memantau kadar gula darah dan keberhasilan pengobatan diabetes yang diderita.

Pemeriksaan gula darah ini bisa dilakukan kapan saja, namun kebanyakan dilakukan sebelum makan dan sebelum tidur. Rata-rata jumlah kadar gula darah normal wanita usia 40 tahun ini antara kisaran sebagai berikut:

-Jika tes dilakukan sebelum makan atau setelah puasa setidaknya 8 jam, yaitu 70–100 mg/dL

-Sebelum tidur atau 2 jam setelah makan, jumlah kadar gula darah harus kurang dari 140 mg/dL

-Pemeriksaan gula darah sewaktu sekitar kurang dari 200 mg/dL

Cara Mengetahui Kadar Gula Darah 

Untuk mengetahui kadar gula darah, Anda dapat mengecek secara rutin di puskesmas, apotik atau rumah sakit. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda bisa melakukan tes mandiri dengan alat tes gula darah.

Cara pemeriksaannya sendiri lebih akurat jika menggunakan ujung jari. Anda hanya perlu menusuk jari menggunakan jarum kecil, dan teteskan darah ke strip tes. Maka kadar gula darah Anda dapat diketahui dalam waktu kurang dari 15 detik. Anda juga dapat menggunakan cara berikut:

1. Tes Toleransi Glukosa Oral (TTGO)

Tes ini dapat mengukur respon tubuh pada gula darah dan biasanya digunakan untuk mengukur diabetes tipe 2. 

2. Tes Gula Darah Sewaktu

Pemeriksaan gula darah ini dapat dilakukan kapan saja tanpa perlu berpuasa sebelum pemeriksaan. 

3. Tes Gula Darah Puasa

Tes gula darah puasa ini mengharuskan Anda tidak makan dan minum semalaman sebelum pemeriksaan. Jika hasil pemeriksaan gula darah puasa tinggi, menunjukkan resistensi terhadap insulin atau diabetes, sedangkan jika hasilnya terlalu rendah terjadi karena konsumsi obat diabetes atau faktor lainnya.

4. Tes Dua Jam Setelah Makan

Tes ini harus dilakukan 2 jam setelah Anda makan untuk mengetahui respon tubuh terhadap gula dan pati setelah makan. Nah, jika kadar glukosa darah Anda tetap tinggi setelah makan, kemungkinan Anda menderita diabetes.

5. Tes Hemoglobin A1c (HbA1c)

Anda juga bisa menjalani tes A1C (HbA1c) di laboratorium untuk mengetahui rata-rata kadar gula darah selama 2 sampai 3 bulan terakhir. 

Demikian kadar gula darah normal wanita usia 40 tahun. Semoga membantu.

Leave a comment

Explore
Drag