Skip links
cara menghilangkan panu di wajah

Inilah Cara Menghilangkan Panu di Wajah

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Panu adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu penampilan, apalagi jika panu tersebut muncul di wajah. Panu merupakan penyakit kulit dengan bercak putih dan sering muncul karena cuaca panas. Lalu, bagaimana cara menghilangkan panu di wajah?

Sebelum memahami cara menghilangkan panu di wajah tanpa bekas, kita perlu mengetahui penyebab panu tersebut. Dengan begitu, proses penyembuhannya juga akan lebih optimal. Sebenarnya, panu diakibatkan oleh udara panas dan lembab ataupun kelenjar keringat yang terlalu aktif. 

Panu bisa diobati dengan menggunakan obat anti jamur. Namun, terkadang obat tersebut meninggalkan bekas sehingga Anda bisa menggunakan beberapa cara alami berikut untuk mengobat panu di wajah tanpa bekas.

Lengkuas dan Garam

Ternyata, campuran lengkuas dan garam bisa membantu menghilangkan panu di wajah secara alami. Ada beberapa senyawa dalam lengkuas yang bisa membantu mempercepat penghilangan panu. Senyawa tersebut antara lain adalah kuersetin, flavonoid, dan amilum yang semuanya berguna untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab panu.

Cara mengobat panu di wajah dengan campuran lengkuas dan garam tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pertama, ambil satu ruas lengkuas dan belah menjadi beberapa bagian kecil.
  • Kemudian, cuci lengkuas tersebut dan oleskan potongan lengkuas itu pada panu di wajah.
  • Anda bisa menambahkan sedikit garam di bagian potongan lengkuas dan mengoleskannya ke area panu. Hal itu berguna untuk memaksimalkan kinerja lengkuas dalam membantu menghilangkan panu pada wajah.
  • Gosoklah area wajah yang terkena panu dengan lengkuas dan garam tersebut. Jadi, itu akan terasa seperti scrub. Namun, jangan menggosoknya terlalu lama dan kasar karena itu akan merusak kulit wajah. 

Jika sudah, Anda bisa membasuh muka dengan air bersih. Nah, lakukan scrub wajah dengan lengkuas dan garam tersebut setidaknya tiga kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan panu di wajah.

Bawang Putih

Cara menghilangkan panu di wajah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Ya, bawang putih mempunyai banyak manfaat, termasuk untuk menghilangkan panu tanpa meninggalkan bekas apapun. Bagaimana caranya?

Jadi, hancurkan bawang putih. Ambil saja beberapa siung sesuai selera. Kemudian, tambahkan sedikit minyak zaitun dan aduk hingga rata. Pastikan bahwa hasil akhir dari campuran tersebut berbentuk pasta. 

Jika sudah, oleskan pasta tersebut pada panu di wajah. Tunggu hingga tiga puluh menit. Kemudian, bilas menggunakan air bersih. Lakukan itu secara rutin setiap 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk memperindah rambut, tetapi juga untuk menghaluskan kulit. Salah satunya adalah untuk mengobati panu di wajah. Nah, caranya adalah dengan mengambil sedikit ekstrak lidah buaya. Kemudian, oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit wajah yang terkena panu.

Tunggu selama 10-15 menit dan lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih. Penggunaan lidah buaya tersebut bisa dilakukan dua kali sehari.

Bagaimana? Tiga cara menghilangkan panu di wajah tersebut sangat mudah dilakukan, bukan? Pastikan untuk melakukannya secara rutin dalam beberapa minggu agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Leave a comment

Explore
Drag