Skip links
menu harian penderita diabetes dan kolesterol

Inilah Pilihan Menu Penderita Diabetes dan Kolesterol

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Memiliki badan yang sehat dan terhindar dari penyakit adalah impian bagi banyak orang. Namun, ada beberapa orang yang memiliki penyakit khususnya diabetes dan juga kolesterol yang harus menjaga makanan yang akan mereka konsumsi. Ada beberapa pilihan menu harian penderita diabetes dan kolesterol yang bisa dibuat serta dikonsumsi. 

Apa Sajakah Menu untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol?

Bagi beberapa penderita penyakit khusus apalagi penyakit diabetes, maka beberapa orang harus menjaga pola makan mereka. Penyakit diabetes ini sendiri adalah penyakit yang diakibatkan karena kurangnya mengatur pola hidup yang tidak sehat sehingga banyak orang yang memiliki penumpukan kadar gula darah yang ada di atas batas rata-rata orang normal pada umumnya. 

Untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes, maka beberapa orang wajib untuk mengatur pola makan mereka. Anda bisa menerapkan beberapa menu harian penderita diabetes dan kolesterol sebagai berikut ini:

  • Ikan

Makanan pertama yang bisa dikonsumsi adalah ikan. Ada beberapa pilihan ikan yang di dalamnya terkandung asam lemak, omega-3 dan lainnya yang memiliki cukup banyak manfaat untuk Kesehatan khususnya Kesehatan jantung. Sedangkan untuk beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi mulai dari salmon, sarden, teri dan juga makarel. 

  • Sayur-sayuran 

Jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes dan kolesterol adalah sayur-sayuran. Seluruh jenis sayuran memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi dan sangat baik untuk Kesehatan. Sedangkan untuk beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi adalah sayu bayam, sayur kangkung, dan lain sebagainya. 

  • Buah Alpukat

Makanan lain yang bisa dikonsumsi adalah buah. Untuk salah satu buah yang bisa dikonsumsi adalah buah alpukat. Buah alpukat adalah jenis buah yang tidak mengandung banyak kadar gula di dalamnya. Alpukat sendiri juga memiliki kandungan serat serta karbohidrat yang menyehatkan. 

  • Telur

Jenis makanan lainnya adalah telur. Mengonsumsi telur apalagi secara teratur dapat menghasilkan banyak manfaat yang baik untuk Kesehatan. Apalagi telur sendiri memiliki beberapa kandungan seperti lemak dan juga karbohidrat. 

  • Chia seed

Pilihan makanan lain yang bisa dikonsumsi adalah chia seed. Jenis makanan ini adalah makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Biji chia seed sendiri bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah sekaligus bisa membantu glikemik indeks apalagi bagi beberapa pasien yang menderita diabetes maupun kolesterol. 

  • Kacang-Kacangan

Makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes maupun kolesterol adalah jenis kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan ini adalah jenis camilan yang menyehatkan karena terkandung lemak sehat yang aman dikonsumsi. Sedangkan jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi seperti almond, kacang mete, hazelnut, pistachio dan lainnya. 

Jadi, itulah Sebagian menu harian penderita diabetes dan kolesterol yang bisa dikonsumsi. Anda bisa mengolah berbagai jenis makanan di atas menjadi olahan makanan yang melezatkan. Makanan ini harus diselingi juga dengan pola hidup yang sehat untuk meminimalisir penyakit seperti diabetes maupun kolesterol yang bisa menyerang kapan saja. 

Leave a comment

Explore
Drag