Skip links
kenapa kepala sering pusing

Ketahui Penyebab Kenapa Kepala Sering Pusing

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Jika Anda bingung kenapa kepala sering pusing, tenang saja karena tidak melulu karena penyakit berbahaya. Penyebabnya pusing sendiri sangat beragam dan termasuk sebagai kondisi yang wajar terjadi. Namun, sakit kepala bisa mengganggu konsentrasi atau kegiatan sehari-hari. Karenanya, ketahui penyebabnya sebagai berikut:

1. Tubuh Mengalami Dehidrasi 

Minum air putih jadi suatu kebutuhan penting bagi tubuh, tapi banyak yang lebih suka minuman dengan rasa atau warna seperti kopi. Padahal, meskipun masih termasuk cairan, minuman tersebut kurang menghidrasi tubuh dengan baik. Apalagi, jika sering lupa minum karena kesibukan.

Maka, penyebab kenapa kepala sering pusing kemungkinan karena kurangnya hidrasi atau kurang minum air putih. Cairan sendiri dibutuhkan tubuh untuk kinerja otak dan berbagai sistem organ lainnya. 

Ketika tubuh kekurangan cairan, akan terjadi ketegangan atau kontraksi pada otak yang bisa memengaruhi aktivitas saraf sehingga menyebabkan sakit kepala.

2. Siklus Hormonal

Pada perempuan kondisi ini terjadi sebagai pengaruh siklus hormonal, seperti sebelum menstruasi, saat haid, sedang hamil atau setelah melahirkan. Namun, laki-laki juga bisa mengalaminya dalam kondisi tertentu, seperti mengalami gangguan sistem organ, ketidakseimbangan pola makan, stres atau kurang olahraga.

Siklus hormon ini bisa memengaruhi saraf yang menimbulkan terjadinya kedutan pada bagian tubuh, sakit kepala, gangguan mood dan lainnya. 

Untuk memulihkan dan mencegahnya Anda perlu mengusahakan pola hidup sehat. Meliputi menjaga asupan yang Anda konsumsi, berolahraga, istirahat dengan cukup, dan mengelola pikiran agar selalu positif.

3. Gangguan Lambung

Lambung memang tidak berhubungan langsung dengan kepala, tapi gangguannya bisa berdampak mengenai saraf. Karenanya, ketika lambung kambuh, Anda juga akan mengalami sakit kepala hingga vertigo. 

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda selalu mengelola pikiran dan menjaga pola hidup agar lebih sehat dan teratur. Jika kedua hal tersebut tidak seimbang dikhawatirkan bisa memicu kondisi sistem pencernaan Anda dan memberikan sinyal tubuh berupa sakit kepala.

4. Kurang Tidur

Ketika Anda kurang istirahat, sangat memungkinkan untuk mengalami kondisi saraf dan otot yang tegang sehingga memicu pusing atau sakit kepala yang bisa terjadi sehari-hari. Karenanya, pola tidur ini tersebut sebaiknya dihindari lantaran bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Selain itu, mengonsumsi kafein untuk tetap terjaga, tanpa diimbangi dengan konsumsi air putih dan waktu tidur yang sesuai, juga dapat menyebabkan potensi kepala Anda pusing. 

Meskipun kafein memiliki manfaat yang dapat menghilangkan sakit kepala, tubuh tetap memerlukan istirahat untuk merelakskan saraf.

5. Tanda-Tanda Ketidakseimbangan Tubuh

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan tubuh secara rutin. Terutama memeriksa tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan dengan medical check up yang lengkap.

Hal ini lantaran pusing bisa disebabkan tingginya hipertensi, hipotensi, gejala kolesterol darah melonjak dan sejenisnya. Itulah penyebab kenapa kepala sering pusing. Semoga membantu.

Leave a comment

Explore
Drag