Skip links
buah dan sayuran untuk menurunkan gula darah

Penting! 5 Buah dan Sayuran untuk Menurunkan Gula Darah dan Menjaganya Agar Tetap Normal

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Menjaga gula darah penting dilakukan, tidak hanya oleh penderita diabetes melainkan juga prediabetes. Salah satu faktor yang mempengaruhi kadar gula darah seseorang adalah pola makan. Penerapan pola makan sehat dengan mengonsumsi buah dan sayuran untuk menurunkan gula darah termasuk cara mudah mengontrol kadar gula darah.

Daftar Buah dan Sayur untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Tidak semua buah dan sayur bisa membantu menurunkan kadar  gula darah. Namun, ada beberapa jenis buah dan sayuran di bawah ini yang dipercaya bisa menurunkan gula darah dalam tubuh anda, diantaranya:

1. Apel 

Cara menurunkan gula darah pertama adalah dengan mengonsumsi apel. Buah apel mengandung serat larut dan senyawa alami, seperti asam klorogenat, asam galat dan quercetin, yang mampu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes. 

2. Alpukat

Karena tingginya kandungan lemak sehat, serat, vitamin dan mineral pada alpukat menjadikannya buah yang dapat membantu menurunkan gula darah. Di samping itu, mengonsumsi buah alpukat juga mampu mencegah sindrom metabolik, yakni sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

3. Jambu biji

Jambu biji termasuk buah untuk menurunkan kadar gula darah karena adanya aktivitas antioksidan didalamnya. Tidak sebatas itu, jambu biji juga bisa menurunkan kadar gula darah saat berpuasa dan mampu menaikkan aktivitas insulin.

Inilah alasan mengapa jambu biji termasuk buah dan sayuran untuk menurunkan gula darah dan sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional bagi diabetes melitus.

4. Bayam

Karena tingginya kandungan vitamin A yang memiliki sifat antioksidan didalamnya, menjadikan bayam sebagai sayuran yang mampu menurunkan kadar gula darah. Di samping itu, bayam juga rendah karbohidrat sehingga tidak akan memicu terjadinya lonjakan gula darah.

5. Kembang kol

Mempunyai kandungan vitamin C tinggi, sehingga sifat antioksidan yang ada didalamnya bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Sama dengan bayam, kembang kol juga tergolong sayuran yang rendah karbohidrat, sehingga tidak akan menimbulkan lonjakan gula darah setelah dikonsumsi. 

Batas Normal Gula Darah dalam Tubuh

Seseorang disebut memiliki gula darah tinggi, bila kadar gula darahnya melebihi 200 mg/dL. Jadi, berapa batas kadar gula darah yang normal? Dibawah ini kisaran kadar gula darah yang normal satuan mg/dL:

  1. Kadar gula darah 1-2 jam setelah makan adalah kurang dari 140 mg/dL.
  2. Kadar gula darah selama puasa (tidak makan selama 8 jam) adalah 70-99 mg/dL.
  3. Gula darah sebelum tidur adalah 100-140 mg/dL.

Itu tadi, buah dan sayuran untuk menurunkan gula darah, serta batas normal gula darah dalam tubuh. Mulailah untuk menerapkan pola makan dan hidup sehat agar gula darah anda tetap normal dan terkontrol dengan baik.

Leave a comment

Explore
Drag