Skip links
cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan alami

3 Cara Alami Terbukti Ampuh Hilangkan Dahak Tanpa Obat

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Dahak di tenggorokan membuat rasa tidak nyaman. Cara menghilangkan dahak di tenggorokan orang dewasa dapat dilakukan secara alami. Lakukan dengan cara alami sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi obat. 

Dahak muncul ketika tubuh sedang dalam kondisi kurang sehat seperti pilek, batuk kronik, alergi, atau flu, dahak akan muncul. Hal itu terjadi karena adanya peradangan pada saluran pernapasan. Adanya dahak membuat nafas menjadi tidak lega, tapi Anda dapat mengatasinya dengan cara menghilangkan dahak di tenggorokan.

Arti Warna Dahak Sesuai Kondisi Kesehatan

Warna dahak tidak hanya bening dan perbedaan warna tersebut menunjukkan kondisi kesehatan yang sedang Anda alami. Berikut arti dari warna dahak untuk Anda ketahui:

1. Warna Dahak Bening

Warna dahak yang bening umum dimiliki semua orang dan itu normal. Dahak tersebut menjadi pelindung saluran pernapasan dari adanya benda asing seperti asap rokok, debu, virus, maupun kuman penyakit. Dahak berwarna bening mengandung air, garam, protein, dan antibodi yang melembabkan sistem pernapasan Anda.

2. Warna Dahak Putih

Dahak berwarna putih jika berlebihan, maka ada masalah dengan kondisi kesehatan. Biasanya menunjukkan Anda mengalami sakit GERD atau gagal jantung. GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan kondisi asam lambung yang naik ke tenggorokan dan menyebabkan iritasi pada dinding tenggorokan sehingga lendir atau dahak menjadi berwarna putih. Sedangkan gagal jantung terjadi karena penumpukan cairan tubuh sehingga produksi dahak menjadi berwarna putih.

3. Warna Dahak Kuning

Jika warna dahak kuning atau hijau, maka kondisi Anda sedang mengalami bronchitis, pneumonia, atau sinusitis. Warna dahak ini akan terjadi jika Anda mengalami salah satu dari tiga kondisi tersebut. Dahak tersebut muncul dari bagian sel darah putih, kemudian berperan melawan infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh.

Cara Alami Hilangkan Dahak Tanpa Obat

Untuk membuat tenggorokan Anda kembali lega, cukup ikuti cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami di bawah ini:

1. Berkumur Dengan Air Garam

Buatlah larutan garam dengan satu sendok garam yang dilarutkan pada satu gelas berisi air putih. Anda bisa berkumur dengan air garam karena efektif untuk mengencerkan dahak. Sehingga dahak yang berkumpul di tenggorokan menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan. 

2. Mandi Dengan Air Hangat

Adanya dahak menunjukkan Anda sedang tidak sehat. Lebih baik untuk mandi menggunakan air hangat untuk cara menghilangkan dahak di tenggorokan orang dewasa. Uap hangat dari air tersebut akan membuat saluran pernapasan menjadi lembab. Sehingga jalan napas menjadi lebar dan memudahkan lendir atau dahak dapat keluar dengan mudah.

3. Minum Rebusan Air Jahe Hangat

Air jahe hangat melegakan tenggorokan. Kandungan gingerol pada jahe efektif untuk mengobati radang tenggorokan secara alami. Sehingga dahak yang mengumpul di tenggorokan dapat keluar dengan mudah.Cara alami untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan sangat mudah dilakukan. Lakukan cara menghilangkan dahak di tenggorokan orang dewasa dengan alami tanpa perlu mengonsumsi obat. Namun, jika dahak tidak kunjung hilang dan masih mengganggu, disarankan untuk berobat ke dokter. 

Leave a comment

Explore
Drag