Skip links
manfaat daun gaharu

6 Manfaat Daun Gaharu Bagi Kesehatan Dan Jiwa

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Selama ini banyak orang lebih mengenal manfaat besar dari kayu gaharu saja. Faktanya ada sederet manfaat daun gaharu yang juga memiliki khasiat besar bagi dunia kesehatan yang harus anda ketahui sebagai obat alternatif.

Lalu, apa sajakah manfaat yang dapat dirasakan dari tanaman asal Asia ini?

Kandungan Zat Daun Gaharu

Daun yang mengeluarkan aroma wangi ini mengandung serangkaian senyawa aktif kaya manfaat sebagai berikut :

  • Flavonoid, berkhasiat dalam mengobati peradangan atau anti-inflamasi.
  • Alkaloid, dapat dimanfaatkan menjadi antibiotik.
  • Senyawa fenolik, digunakan saat pigmentasi tanaman.
  • Tannin, kandungan senyawanya berfungsi menjadi antiseptik.

Manfaatnya

1. Aromaterapi

Salah satu daya tarik utama dari tanaman gaharu adalah aromanya yang kuat dan menenangkan. Tak heran, banyak masyarakat memanfaatkan daun gaharu sebagai aromaterapi.

Aroma khas yang keluar dari tanaman tersebut mampu memberi relaksasi dan menghilangkan rasa cemas anda. Aromanya rata-rata bertahan kurang lebih 12 jam.

2. Obat pengar

Efek pengar setelah konsumsi alkohol biasanya bertahan cukup lama dan dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi obat kimia atau herbal.

Konsumsi daun gaharu yang dijadikan teh dapat dijadikan sebagai obat pengar karena mabuk. Minuman herbal ini dapat mengurangi efek alkohol/racun yang ada dalam tubuh.

3. Anti penuaan

Seiring bertambahnya usia, pasti elastisitas kulit pun mulai berkurang dan butuh perawatan ekstra untuk mencegahnya. Munculnya kerutan di wajah memang mengganggu penampilan, terlebih bagi kaum hawa.

Adanya kandungan genkwanin yang termasuk glikosida alami ini ampuh ‘membunuh’ merkuri, serta mencegah terjadinya proses penuaan.

Selain itu, teh dari daun gaharu juga tidak memiliki zat pengawet atau pewarna, merkuri penyebab penuaan kulit lebih cepat.

3. Anti depresi

Tak hanya aromanya yang menenangkan, daun gaharu juga mengandung ekstrak benzena yang bermanfaat bagi sistem saraf pusat anda.

Kandungan senyawa agarospriolnya dimanfaatkan sebagai anti depresan yang dapat menekan sistem saraf, pemberi ketenangan, dan menyegarkan tubuh.

  1. Diet

Bagi anda yang sedang melakukan diet, teh gaharu merupakan minuman yang ramah pelaku diet. Minuman ini telah terbukti mampu menstabilkan hingga menurunkan berat badan anda.

Anda bisa mencoba mengganti minuman manis menjadi teh herbal ini. Tertarik mencoba teh daun gaharu?

  1. Detoks racun

Setiap apa pun yang anda konsumsi, bahkan dihirup dapat mengandung toksin atau racun yang berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

Salah satu cara sehat bebas obat kimia untuk detoksifikasi tubuh adalah mengkonsumsi ramuan teh daun gaharu.

Tidak hanya batang pohonnya, ternyata daun gaharu dapat memberi banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh hingga jiwa anda. Namun, sebelum menikmati manfaat daun gaharu, alangkah baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Explore
Drag