Skip links

6 Pola Hidup Sehat

Hidup sehat dimulai dari pola hidup yang sehat. Seperti apa sajakah pola hidup sehat itu. Berikut beberapa diantaranya.

Cukup Minum

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menimbulkan gangguan dalam tubuh. Guna menjaga agar tidak mengalami dehidrasi maka setidaknya perlu minum sekitar 8 gelas air putih per hari.

Cukup Istirahat

Tubuh tak bisa terus menerus aktif bekerja namun memerlukan istirahat juga. Dalam hal ini adalah cukup tidur berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah tidur malam yang nyenyak dalam gelap. Hal ini karena ada hormon tertentu yang hanya akan bisa timbul saat tidur dalam gelap. Tidurlah sekitar 8 jam oer hari.

Cukup Gerak Tubuh

Idealnya tubuh juga cukup olahraga. Namun akibat kesibukan dan juga kadang rasa malas gerak menghalanginya. Sehingga kadang perlu adanya paksaan, seperti misalnya memilih berjalan kaki daripada berkendara ketika menuju suatu tempat, atau lebih memilih naik tangga daripada naik lift, atau setidaknya lebih memilih untuk memencet tombol dengan bergerak atau menggerakkan tubuh daripada selalu menggunakan remote control dan lain sebagainya. Lantas akan lebih baik lagi jika rutin berjalan cepat atau jogging atau melakukan olahraga apapun bentuknya dengan secara rutin.

Jauhi kebiasaan buruk

Lalu mencegah kebiasaan buruk itu juga sangat membantu. Dalam hal ini seperti menghindari makan makanan junk food, minum minuman bersoda dan alkohol, atau merokok, atau begadang dan kebiasaan buruk lainnya. 

Makanan yang Cukup dan Sehat

Lalu yang penting adalah penuhi kebutuhan gizi minimal tiap hari. Per usia dan jenis kelamin bisa berbeda-beda. Seperti contohnya untuk kebutuhan kalori total per hari, para ahli gizi umumnya mempergunakan rumus Harris Benedict. Seperti berikut contohnya, bagi Pria = 66 + (13,7 x berat badan )+(5 x tinggi badan)–(6,8 x usia). Sedangkan rumus kebutuhan kalori per hari bagi perempuan = 655+(9,6 x berat badan)+(1,8 x tinggi badan)–(4,7 x usia). Seperti itu kira-kira. Pada dasarnya zat gizi yang perlu untuk dihitung terbagi menjadi zat gizi makro serta mikro. Zat gizi makro atau makronutrien ialah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah besar. Seperti karbohidrat, dan protein, serta lemak baik. Sementara zat gizi mikro atau mikronutrien ialah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil. Jenis zat gizi ini mencakup vitamin juga mineral. Meski dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun zat gizi mikro mempunyai fungsi penting pada berbagai sistem dalam  tubuh.

Serat alami dari sayuran

Jangan juga malas makan sayuran dan buah setiap hari. Hal ini akan sangat penting juga bagi sistem pencernaan tubuh.

Itulah sekitar 6 (enam) pola hidup sehat itu.

Leave a comment

Explore
Drag