Skip links
Berapa Panjang Usus Halus Orang Dewasa

Berapa Panjang Usus Halus Orang Dewasa?

Berapa Panjang Usus Halus Orang DewasaUsus halus merupakan bagian salah satu sistem pencernaan bagi manusia. Usus halus berfungsi menyerap nutrisi yang ada pada makanan dan minuman serta menjalankan berbagai tugas utamanya.

Proses pencernaan makanan pada usus halus dapat didukung oleh berbagai gerakan seperti gelombang yang umumnya terjadi disebabkan oleh kontraksi dan relaksasi pada dinding otot usus halus. Selain itu, proses pencernaan juga sangat dipengaruhi oleh enzim yang berguna untuk mempercepat proses pencernaan nutrisi pada makanan.

Bagian Organ pada Usus Halus Manusia

Terdapat beberapa bagian yang ada pada organ usus halus manusia, yakni sebagai berikut.

1. Usus Dua Belas Jari

Usus dua belas jari adalah bagian pertama dan juga terpendek dari bagian usus halus. Umumnya, usus ini berbentuk seperti huruf C dengan ukuran panjang sekitar 20-25 cm. Selain itu, fungsi utama dari usus 12 jari yaitu sebagai tempat penyerapan makanan pada tahap pertama.

2. Usus Kosong

Usus kosong memiliki fungsi untuk menyerap gula. Asam amino serta asam lemak pada makanan. Ukuran usus kosong ini adalah 2,5 cm dengan bentuk susunan banyak lipatan. Cara kerja usus kosong ini yaitu dengan memperluas usus halus sehingga dalam proses penyerapan gizi dapat bekerja dengan optimal.

3. Usus Penyerapan

Usus penyerapan adalah bagian akhir dari proses pencernaan makanan, tugas dari usus penyerapan ini adalah untuk menyerap gizi dari makanan yang belum terserap gizinya secara keseluruhan. Bagian dari usus penyerapan ini terhubung dengan komponen usus 12 jari dan usus kosong. Ketiga komponen ini saling bekerja sama dalam menyerap gizi makanan.

Tugas Pokok Usus Halus

Usus halus menjadi bagian terpenting dalam proses pencernaan makanan untuk menghasilkan nutrisi pada tubuh manusia.  Dalam menjalakan tugasnya, usus halus akan dibentuk oleh beberapa sistem saraf, peredaran darah serta otot – otot yang selalu bekerja sama dalam proses pencernaan. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tugas pokok usus halus.

1. Menjadikan Makanan Lebih Mudah Diproses

Makanan yang dikonsumsi oleh manusia akan dicerna oleh usus. Pada bagian terdapat keterhubungan antara empedu dan pankreas dalam mengirimkan cairan empedu untuk memecahkan lemak pada proses pencernaan makanan.

2. Menetralkan Asam Lambung

Asam lambung sangat bermanfaat bagi tubuh namun apabila zat asam lambung terlalu berlebih maka tidak akan baik pada tubuh manusia. Dengan demikian salah satu fungsi usus halus adalah untuk menetralkan asam lambung sehingga tetap baik bagi proses pencernaan makanan.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Menjaga keseimbangan cairan tubuh menjadi salah satu fungsi usus halus. Sebab dalam menjalankan tugasnya usus halus memerlukan banyak cairan dalam proses kerjanya. Beberapa cairan yang diserap antara lain yaitu zat besi, asam fosfat, kalium dan kalsium.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang usus halus pada orang dewasa. Semoga bermanfaat!

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag