Skip links
Cara Melancarkan Haid

8 Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Cara Melancarkan HaidSiklus haid setiap perempuan akan berbeda, bisa jadi lebih lambat ataupun lebih cepat. Sayangnya, terkadang ada kondisi yang membuat siklus haid menjadi kurang lancar sehingga perlu mencari cara melancar haid secara alami. Kondisi siklus tak teratur ini kerap membuat perempuan dirundung rasa cemas. Lantas, bagaimana caranya supaya haid lancar?

Deretan Cara Melancarkan Haid

1. Menjaga Berat Badan

Salah satu pengaruh haid tidak lancar adalah berat badan yang berlebih atau kekurangan. Pasalnya berat badan tersebut akan mempengaruhi kadar hormon reproduksi sebagai bagian dari siklus haid. Mulailah mengubah gaya hidup dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, dibarengi berolahraga.

2. Ubah Pola Tidur

Bagi yang gemar begadang, kebiasaan ini justru dapat menyebabkan siklus haid berantakan. Buruknya pola tidur juga dapat berpengaruh terhadap hormon reproduksi. Supaya haid lancar, cukupi kebutuhan tidur selama 7-9 jam.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan langkah baik untuk memperbaiki siklus haid yang tak teratur, akan tetapi hindari pula olahraga berlebihan jika anda jarang berolahraga. Meski baik, olahraga secara berlebih juga dapat mengganggu siklus menstruasi. Anda dapat mengawalinya dengan intensitas rendah selama 30 menit sehari.

4. Mengelola Stres

Siklus haid pun dapat terpengaruhi karena buruknya kontrol rasa stres yang dialami seorang perempuan. Solusi tepatnya adalah menjalani meditasi untuk mengendalikan pikiran dan emosi.

5. Mencukupi Asupan Vitamin

Asupan vitamin D mempunyai peran besar dalam memperlancar siklus menstruasi. Karenanya, anda perlu mengubah menu makanan dengan memasukan sumber vitamin D. Menu makanan kaya vitamin D antara lain, salmon, daging, ikan sarden, jamur, kuning telur, atau hati. Bisa juga digantikan suplemen, namun konsultasikan dahulu sebelumnya ke dokter.

6. Mengonsumsi Kayu Manis atau Jahe

Mengonsumsi rempah herbal seperti jahe juga dapat bantu perlancar haid. Walau belum ada penelitian pastinya, tetapi jahe ampuh meredakan nyeri akibat haid. Selain jahe, kayu manis juga bisa diolah menjadi minuman yang menurut beberapa penelitian dapat melancarkan haid, berpotensi mengobati PCOS (sindrom polikistik ovarium) yang ditandai oleh tidak lancarnya haid.

7. Mencoba Akupuntur

Terapi akupuntur yang menusukkan jarum di beberapa titik ini mampu menyeimbangkan penyaluran energi dalam tubuh. Praktik asal China tersebut dinilai dapat memperbaiki siklus haid, dan gejalanya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat meningkatkan jumlah FSH (hormorn gonadotropin), melancarkan kembali haid yang sempat terhenti, dan mengurangi rasa sakit akibat haid.

8. Mengonsumsi Pepaya dan Nanas

Pepaya mengandung enzim karoten, nutrisi yang meningkatkan produksi estrogen dan membantu kontraksi pada rahim. Sementara itu, kandungan enzim bromelain pada nanas mampu memperlancar aliran darah, serta pembentukan sel darah merah dan putih.

Itulah delapan cara melancarkan haid yang bisa Anda coba. Jika siklus tetap tak teratur, ada baiknya anda konsultasi langsung ke dokter.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag