Skip links
Penyebab dan Cara Mengatasi Kebas dan Kesemutan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kebas dan Kesemutan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kebas dan Kesemutan – Apakah Anda sering mengalami kebas dan kesemutan? Kebas dan kesemutan memang merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh banyak orang. Kebas dan kesemutan biasanya ditandai dengan mati rasa dan sensasi seperti tertusuk jarum. Kesemutan dapat terjadi di hampir semua bagian tubuh, tetapi paling sering terjadi pada bagian tangan dan kaki.

Meskipun umumnya kesemutan tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, namun jika terjadi secara berulang dan disertai gejala lain, kesemutan juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang serius.

Kebas dan kesemutan juga dapat menghalangi aktivitas sehari-hari. Contohnya, kesemutan pada kaki akan membuat seseorang sulit berjalan untuk beberapa waktu.

Jika Anda sering mengalami kebas dan kesemutan, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya. Ayo simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Kebas dan Kesemutan

Beberapa penyebab alami dari kebas dan kesemutan adalah sebagai berikut.

  • Duduk atau berdiri dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama,
  • Gangguan pada saraf yang disebabkan oleh cedera leher, punggung bawah, dan lain-lain,
  • Gigitan binatang,
  • Gigitan serangga, kutu, tungau, dan laba-laba,
  • Terapi radiasi.

Kebas dan kesemutan yang berlanjut dalam jangka panjang bisa juga menjadi pertanda gejala dari beberapa kondisi medis seperti berikut ini.

  • Diabetes,
  • Gangguan ginjal,
  • Stroke,
  • Tumor otak,
  • Penyakit hati.

Tidak hanya itu, kekurangan nutrisi tertentu dari makanan juga bisa menjadi penyebab kebas dan kesemutan. Jika kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 dalam tubuh tidak terpenuhi, maka kerusakan sel saraf dapat terjadi. Defisiensi vitamin B ini lah yang menyebabkan kebas dan kesemutan.

Tips dan Cara Mengatasi Kebas dan Kesemutan

Meskipun sering kali kesemutan bisa hilang dengan sendirinya, tetap saja tidak bisa dianggap sepele. Umumnya, kesemutan disebabkan oleh tekanan sementara pada saraf dan akan hilang dengan sendirinya jika tekanan pada saraf telah berkurang.

Namun, jika Anda sering mengalami kesemutan, pastinya ingin segera mengatasinya. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini sebagai upaya untuk mengatasi kesemutan.

1. Mengubah Posisi Tubuh

Duduk pada posisi yang sama untuk jangka waktu yang panjang bisa membuat Anda mengalami kesemutan. Jika posisi Anda dirasa tidak nyaman, cobalah untuk mengubah posisi tubuh Anda. Postur yang kurang baik juga dapat menyebabkan kesemutan.

Berdiri, berjalan, atau meregangkan anggota tubuh yang kebas atau kesemutan dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf dan memulihkan peredaran darah normal. Anda juga bisa sesekali merubah posisi saat duduk untuk menghindari kesemutan.

2. Istirahat yang Cukup

Jika Anda sering mengalami kesemutan, istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Anda memerlukan tidur yang cukup untuk membantu penyembuhan saraf maupun otot yang tegang. Ini karena tubuh akan melakukan perbaikan alami saat tidur. Umumnya, mengistirahatkan tangan dan kaki yang kesemutan serta menambah jam tidur dapat membantu meredakan kebas dan kesemutan dengan sendirinya.

3. Latihan dan Peregangan

Melakukan latihan fisik secara teratur dapat membantu mengurangi kebas dan kesemutan. Latihan yang disarankan yaitu latihan penguatan otot dan peregangan. Dengan begitu, sirkulasi darah akan meningkat sehingga mengurangi kebas dan kesemutan.

4. Kompres Hangat atau Dingin

Mengompres bagian yang mengalami kesemutan dengan kompres hangat atau dingin juga dapat membantu meredakan gejalanya. Pilihlah metode yang paling membantu dalam meredakan, baik menggunakan handuk hangat atau kantong es yang dibungkus dengan kain tipis.

5. Konsumsi Suplemen Vitamin Neurotropik

Jika Anda sering mengalami kebas dan kesemutan, bisa juga itu merupakan gejala dari kerusakan sel saraf, atau tanda kekurangan Vitamin B. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin B1, B6, dan B12 (neurotropik). Beberapa suplemen yang bisa Anda coba seperti Neurobion, Neo Rheumacyl, Neurovit E, dan suplemen serupa.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kebas dan kesemutan. Jika Anda kekurangan vitamin neurotropik, maka Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi suplemen. Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah Neurobion Forte.

Jika Anda ingin membeli suplemen Neurobion Forte, Anda dapat mengunjungi lokasi Viva Apotek terdekat, atau bisa juga berbelanja secara online di Viva Apotek. Viva Apotek juga dapat ditemukan pada e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu untuk mengetahui dosis dan jenis yang Anda perlukan. Simak juga artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Sumber:

  • Neurobion Forte – https://www.neurobion.com/id_ID/halaman-utama/produk/neurobionforte.html?gad_source=1&gclid=CjwKCAjw3P-2BhAEEiwA3yPhwMWfFfyEDklPg9kUAdFXVCHcXpNpxGHHu7uieDECPuaEShXzLWvtsxoCQgsQAvD_BwE.
  • Halodoc – https://www.halodoc.com/artikel/sering-kebas-dan-kesemutan-ini-beberapa-hal-yang-bisa-memicunya?srsltid=AfmBOooJNxGZUxz5JkJiJq4tYHgH-QF4IbAJGLt51aSC_4JwjFCtwJUP.
  • Hellosehat – https://hellosehat.com/saraf/rekomendasi-obat-kebas-kesemutan/#google_vignette.

Leave a comment

Explore
Drag