Skip links
Cara Menghilangkan Panu

Inilah Cara Menghilangkan Panu dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan PanuPanu merupakan penyakit yang berupa bercak putih muncul pada permukaan kulit. Panu cukup mengganggu penampilan dan dapat pengaruhi kepercayaan diri. Lalu, apakah ada cara menghilangkan panu dengan mudah dan cepat? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Penyakit Panu

Panu merupakan kelainan kulit yang biasanya disebabkan jamur Malassezia furfur. Jamur ini mengubah pigmentasi normal pada kulit sehingga hasilkan bercak putih. Walaupun tak berbahaya serta tak menular, tapi ini bisa buat orang mengalaminya menjadi merasa tak percaya diri. Ada sejumlah hal yang bisa picu jamur tumbuh pada kulit dan tak terkendali sehingga sebabkan panu, seperti berikut ini.

  • Perubahan hormon.
  • Cuaca panas dan juga lembap.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Berkeringat.
  • Kulit berminyak.

Gejala Penyakit Panu

Untuk pastikan perubahan warna kulit adalah panu atau apakah bukan, Anda dapat ketahui gejalanya sebagai berikut.

  • Terjadinya perubahan warna kulit di dada, punggung, atau perut.
  • Bercak bisa berwarna kuning, merah muda, coklat, ataupun putih.
  • Gatal di area kulit terkena panu serta dapat mengering dan kemudian bersisik.
  • Berkeringat secara berlebihan.

Cara Menghilangkan Panu dengan Mudah dan Cepat

Panu bisa diobati sendiri di rumah dengan berbagai bahan alami serta sederhana, misalnya saja berikut ini.

1. Menggunakan Sabun dan Air

Anda dapat bersihkan area kulit terkena panu dengan air dan sabun dua kali dalam sehari. Lakukan ini sebelum terapkan pengobatan. Hal ini bertujuan untuk kontrol penyebaran infeksi. Air dan sabun memang tak bisa selalu hilangkan infeksi jamur secara sepenuhnya. Namun, ini bisa bantu jaga penyebaran serta turunkan intensitas infeksi.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak ini punya kemampuan lawan jamur. Cukup oleskan minyak kelapa di kulit yang berpanu. Anda bisa memakainya tiga kali dalam sehari untuk atasi infeksi jamur.

3. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel bisa dimanfaatkan untuk mengatasi dan mengobati panu. Cuka apel memiliki sifat yang anti jamur yang bantu untuk lawan jamur yang menyebabkan panu. Anda cukup campurkan air hangat dan dua sendok makan cuka apel. Lalu, celupkan kapas dan lalu oleskan di permukaan kulit terkena panu.

4. Menggunakan Minyak Zaitun dan Madu

Madu pun bisa jadi pengobatan alami untuk panu. Bisa juga Anda membuat salep dari campuran minyak zaitun dan madu. Setelah mencampur madu dan minyak zaitun dengan merata, oleskan salep ke permukaan kulit terkena panu selama sekitar 30 menit, kemudian cuci menggunakan air bersih.

5. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya bisa hambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan panu. Anda bisa oleskan gel lidah buaya di kulit terkena panu dengan rutin. Tak hanya sembuhkan panu, lidah buaya pun punya efek tenangkan kulit.

Itulah beberapa cara menghilangkan panu dengan mudah dan cepat, serta bisa dilakukan di rumah. Jika pengobatan secara mandiri tak membuahkan hasil, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kulit. Semoga bermanfaat.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag