Skip links
Cara Mengobati Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam UratSetiap orang memiliki asam urat sebagai bantalan sendi untuk bergerak aktif hanya saja kadar asam uratnya jangan sampai melebihi kadar ambang (6-7 baik wanita dan pria). Tubuh yang terlampau terkena asam urat akan menjadi kecanduan lagi ketika Anda memakan menu tinggi asam urat.

Perhatikan Menu Makan Agar Tidak Terserang Asam Urat

Zat purin menjadi penyebab pokok dalam lonjakan asam urat karena zat tersebut bisa mengkristal di area sendi sehingga membuat retakan ruam dan sakit luar biasa, bahkan saat kadarnya tinggi sekali membuat bengkak merah.

Penyebab utamanya adalah over makanan dengan zat purin seperti daging merah, jamur, jeroan dan daging lemak atau gajih. Anda boleh makan semua menu tersebut dengan porsi yang cukup dan jarang-jarang. Saat memakannya juga tidak diijinkan diolah dengan santan, jamur, kacang tanah karena akan menaikkan kadar zat purin secara lebih ekstrem.

Bagaimana dengan sayuran, yang konon katanya sayuran juga mengandung zat purin di hampir semua jenis sayur? Benar, sayuran mengandung zat purin tetapi zat tersebut masih bisa lunak dan hanyut dengan cairan seperti air putih untuk melunturkan. Istilahnya, kadar zat purinnya ringan dibandingkan dengan zat purin pada daging merah dan jeroan.

Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Efek Samping

1. Stop Makan Menu Makanan yang Memicu Asam Urat

Cara mengobati asam urat, ketika hasil pengecekan asam urat Anda tinggi langsung saja Anda hindari makan menu tinggi asam urat. Untuk mengetahui apa saja menu tinggi asam urat silahkan cek ke bagian ahli gizi rumah sakit. Taat adalah langkah terbaik saat ini agar tubuh Anda tidak makin sakit.

2. Gunakan Daun Salam

Daun salam adalah herbal alami tanpa efek samping untuk menurunkan asam urat Anda. Ambilah 5 daun salam kemudian rebuslah dan minum 2 kali sehari selama seminggu. Jangan lupa untuk menekan menu berkadar asam urat tinggi, ya? Cek kembali setelah seminggu dan mulailah mengatur pola makan lebih baik lagi.

3. Minumlah Air Putih Lebih Banyak

Air putih menjadi sebuah penetral untuk asam urat tinggi, kinerjanya memang lambat tetapi setidaknya tidak membuat tubuh Anda kaget. Jika asam uratnya langsung turun drastis maka akan ada potensi lagi untuk naik secara hebat.

4. Terapi Air Lemon

Air lemon yang rutin diminum setiap hari juga membantu menurunkan kadar asam urat tinggi tanpa efek samping yang ekstrem. Anda bisa menjaga lambung agar tidak merasa perih dengan air lemon usai makan berat.

Cara mengobati asam urat yang baik bukan dengan obat instan dalam waktu beberapa jam saja tapi butuh agak lama karena efek samping yang diinginkan bernilai nol. Aturlah pola makan dan jauhi dahulu menu tinggi zat purin agar Anda tidak tersiksa dengan sakit pergelangan sendi.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag