Skip links
Cara Mengusir Lalat

Cara Mengusir Lalat dengan Mudah

Cara Mengusir LalatLalat adalah serangga pembawa petaka karena setiap hinggapnya membawa bibit penyakit yang menular ke tubuh manusia. Lalat sangat menyukai suasana kotor, lembap, dan berbau menyengat. Untuk itu Anda perlu menghindari penyebab datangnya lalat dengan beberapa aksi jitu berikut ini.

Cara Mengusir Lalat dengan Mudah

1. Jauhkan Bau Buah yang Menyengat

Musim kemarau adalah musim yang sangat cocok untuk menunggu matangnya panen buah. Aroma buah yang menyengat akan merangsang hidung lalat untuk datang berkerumun. Anda bisa menyimpan buah yang baunya menyengat di area dekat dengan air.

Contohnya, buah mangga diletakkan di area tertutup yang bagian sampingnya diberikan semangkuk air bening. Tujuannya, air bening tersebut akan menyerap aroma kuat dari buah sehingga lalat yang datang tidak terlalu banyak bahkan enggan merasakan aroma kuat mangga.

2. Pakai Air dalam Plastik Bening

Air yang diisi ke dalam plastik akan mengacaukan pandangan mata lalat yang bisa melihat sudutnya hingga 3.000 titik. Tak heran jika saat Anda menangkap lalat dari belakang akan sukar dan langsung terbang karena mata lalat bisa berputar 360 derajat ke semua titik.

3. Buatlah Aroma Lavender

Bunga lavender adalah bunga yang berwarna kuning dan ungu, memiliki aroma yang dibenci oleh lalat. Maka, bunga tersebut bisa ditanam di bagian pojokan kamar 2 buah agar lalat dan nyamuk enggan mendekat.

Bunga lavender mempunyai masa tanam yang cukup panjang. Hanya saja, bunga tersebut pada masa tertentu akan mengalami kerontokan bunga. Anda bisa mengantisipasi dengan memakai perangkap lainnya.

4. Taburi Sudut Ruangan dengan Cengkeh

Bubuk cengkeh yang asli bisa dicampur dengan air atau dibuat asap aroma cengkeh cara mengusir lalat yang berkerumun. Cengkeh kering akan lebih manjur dibandingkan cengkeh basah yang masih baru saja dipetik. Apabila Anda perhatikan orang yang merokok di salah satu ruangan akan terhindar dari kerumunan lalat tapi bukan nyamuk.

5. Rutin Buang Sampah ke Area Jauh

Hal ini sangat penting dalam mengantisipasi undangan lalat, terkadang sampah menumpuk tidak mendatangkan lalat tapi tetap memicu bakteri. Sampah anorganik seperti plastik kering, kayu, ember bekas, besi memang sangat jarang mengundang lalat.

Berbeda dengan sampah organik basah seperti nasi, sayur dan sejenisnya maka potensi lalat datang sangat tinggi. Segera buang atau bakar sampah agar rumah Anda terhindar dari penyakit.

6. Pakai Lem Kertas Penarik Lalat

Media ini sangat ampuh menarik dan membuat jebakan lalat hingga hingga mati. Namun, bau lalat yang telah mati jika tidak segera dikubur akan merangsang lalat lain berdatangan lagi.

Coba saja cara mengusir lalat di atas ya, dijamin lalat hilang cepat dan rumah Anda kembali nyaman!

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag