Skip links
cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan alami

Dijamin Ampuh, Begini Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Alami

Dijamin Ampuh, Begini Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Dengan Alami

Apakah Anda pernah mengalami masalah lendir di tenggorokan yang tidak kunjung hilang? Apabila iya, maka hal tersebut pastinya sangat tidak nyaman dan tentunya Anda harus mengeluarkannya secara terus menerus. Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena ada banyak cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan alami yang dapat Anda coba.

Biasanya, kondisi tersebut memang tidak berbahaya. Akan tetapi, alangkah lebih baik Anda tetap harus mengenali penyebab dan juga cara mengatasinya.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Alami

Produksi lendir yang terlalu berlebihan pastinya akan membuat kita merasa tidak nyaman. Bahkan, bisa mengganggu sistem pernapasan. Namun tidak perlu khawatir, terdapat berbagai cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan alami yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

1. Banyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan alami yang perlu Anda lakukan yaitu dengan minum air putih yang banyak. Selain bisa digunakan untuk menghidrasi tubuh, cara yang satu ini juga dinilai dapat membantu tenggorokan terasa lebih lembab. Jadi, Anda akan merasa lebih nyaman.

Anda dapat minum air putih yang hangat ataupun jenis makanan atau minuman lain untuk meringankan produksi lendir yang berlebih. Misalnya saja minuman jahe, teh, dan lainnya.

2. Berkumur Menggunakan Larutan Air Garam

Berkumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam bisa membantu membersihkan lendir yang ada di tenggorokan dan pastinya juga bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. 

Caranya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat. Setelah itu, aduk sampai merata. Lalu, Anda bisa menggunakan larutan tersebut untuk berkumur dan buang airnya setelah itu.

3. Mandi dengan Air Hangat

Sama seperti minum minuman yang hangat, mandi dengan air hangat juga bisa membantu memberikan rasa nyaman pada tubuh. Kebaikan tersebut muncul karena adanya uap air hangat yang bisa mengurangi hidung tersumbat dan mengencerkan dahak.

4. Tidur dengan Posisi Kepala yang Lebih Tinggi

Apabila lendir semakin menumpuk di tenggorokan dan memburuk di malam hari, maka Anda bisa mencoba untuk tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Anda dapat menambahkan bantal di bawah kepada Anda.

Cara yang satu ini bisa mencegah lendir tidak menggumpal di bagian belakang tenggorokan. Sehingga tidak akan mengganggu tidur Anda.

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan alami. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Explore
Drag