Skip links
Fungsi Organ Tubuh Manusia

Inilah Fungsi Organ Tubuh Manusia

Fungsi Organ Tubuh ManusiaOrgan tubuh yang ada pada manusia terdiri dari berbagai jenis sel unit dasar yang ada yang mana akan membentuk suatu jaringan pada tubuh. Bentuk jaringan inipun akan menjalankan fungsinya dengan sendirinya. Lalu, apa yang dimaksud dengan organ tubuh? Apa fungsi organ tubuh manusia ? Simak artikel berikut ini.

Fungsi Organ Tubuh Manusia

Sistem organ tubuh manusia merupakan suatu bentuk kumpulan yang terdiri dari berbagai macam organ yang mana telah memiliki fungsi yang sama. Perlu Anda ketahui pada organ tubuh manusia terdiri dari lima jenis organ vital yang digunakan untuk dapat bertahan hidup, sedangkan terdapat lima jenis organ vital lain yang mana tanpa jenis organ ini manusia dapat bertahan hidup. Organ vital yang ada pada tubuh manusia sendiri terdiri dari 10 sistem yang mana terdiri dari:

1. Jenis sistem saraf

Perlu Anda ketahui bahwa sistem saraf misalnya saja seperti otak. Dengan adanya otak seluruh kegiatan manusia dapat diatur dengan lebih baik. Otak telah dilindungi oleh tengkorak yang mana dapat melindungi otak dari berbagai benturan. Otak sendiri terdiri dari berbagai jenis di antaranya yaitu sebagai berikut:

a. Jenis otak besar atau biasa disebut cerebrum

Otak ini memiliki fungsi sebagai pengatur untuk keseimbangan tubuh, posisi tubuh serta gerakan pada otot.

b. Jenis saraf sumsum lanjutan

Jenis sumsum ini fungsinya yaitu sebagai salah satu bentuk pusat untuk dapat mengatur pernapasan serta alat pencernaan dan gerakan pada jantung. Selain itu, dengan menggunakan sumsum lanjutan juga dapat membentuk bagian saraf pusat yang mana telah bekerja untuk memproses serta melakukan pengiriman sinyal saraf dan dapat menghasilkan suatu bentuk pikiran.

2. Jenis sistem metabolisme

Pada bagian tubuh terdapat hati dan liver yang mana pada bagian ini terletak di bagian rongga perut dibagian kanan bawah. Perlu Anda ketahui hati merupakan organ penting tubuh yang mana dapat membantu untuk mengubah nutrisi menjadi zat lain. Di bawah ini adalah beragam jenis fungsi hati di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Dapat menghancurkan sel darah merah.
  • Dapat membersihkan darah dari berbagai senyawa yang berbahaya.
  • Dapat mengubah amonia menjadi zat urea.

3. Jenis sistem pernapasan

Sistem pernapasan paru-paru merupakan suatu bentuk sistem pernapasan yang memiliki fungsi untuk melakukan tempat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida. Perlu Anda ketahui setiap manusia memiliki sepasang paru-paru yang mana telah terbungkus oleh selaput rangkap.

4. Jenis sistem ekskresi

Sistem ekskresi dapat mengeluarkan zat sisa yang mana sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Ginjal sendiri memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan kimiawi dalam tubuh dan menyaring metabolisme yang ada pada darah. Selain itu, ginjal juga akan mengeluarkan sisa tersebut melalui urine.

Hal di atas adalah fungsi organ tubuh manusia yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Menarik, bukan?

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag