Skip links
pertolongan pertama saat asam lambung kambuh

Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Kambuh, Jangan Sampai Panik

ditinjau oleh dr. Mulya Ito Astari

Sudah tahukah Anda bagaimana pertolongan pertama saat asam lambung kambuh? Seperti sudah diketahui bahwa keberadaan penyakit ini memang tidak boleh dianggap sepele begitu saja. Sebab apabila sudah kambuh, ternyata dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitas.

Bahkan tidak jarang para pasiennya kesulitan untuk bernapas serta merasakan nyeri di bagian ulu hati. Karena itulah apabila tidak ditangani dengan segera, maka semakin membuat tidak nyaman. Kunci ketika akan mengatasi penyakit ini adalah jangan panik berlebihan.

Apa Itu Asam Lambung?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana pertolongan pertama ketika asam lambung naik, maka perlu memahami lebih lanjut mengenai penyakit ini. Asam lambung atau dikenal dengan sebutan (GERD) adalah kondisi adanya rasa nyeri dan terbakar  di ulu hati  akibat asam lambung sudah naik ke bagian kerongkongan.  

Penyakit inilah dapat terjadi pada siapapun baik orang dewasa ataupun anak-anak. Penyakit ini juga sering diduga sebagai serangan jantung ataupun jantung koroner karena memang gejalanya hampir sama yakni adanya rasa nyeri pada bagian dada.

Penyebab dari penyakit ini adalah ketika otot kerongkongan bawah melemah. Apabila otot tersebut lemah, maka kerongkongan akan terbuka serta lambung akan naik ke bagian kerongkongan.

Kendati kondisi tersebut dapat terjadi pada siapapun, tetapi kondisi tersebut lebih sering terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil ataupun bahkan obesitas. Kondisi inilah memang tidak berbahaya tetapi apabila tidak ditangani ternyata dapat memicu komplikasi.

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Kambuh, Cek Berikut

Apabila Anda atau keluarga memiliki riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya ketahui beberapa langkah pertolongan pertamanya berikut ini:

1.       Minum Air Hangat Dahulu

Asam lambung memang akan membuat pasien merasa tidak nyaman karena gejala rasa nyeri dan terbakar. Nah, pertolongan pertama untuk mengatasi masalah ini adalah mengkonsumsi air hangat secara perlahan-lahan sehingga mampu mengurangi rasa nyeri.

2.       Longgarkan Pakaian Yang Dikenakan

Selain itu, anda juga dapat mencoba untuk melonggarkan pakaian yang tengah dikenakan misalnya ikat pinggang ataupun melepas kancing. Sebab adanya tekanan pada perut karena pakaian terlalu ketat justru dapat memperburuk kondisi nantinya.

3.       Tegakkan Posisi Duduk

Apabila asam lambung tersebut naik ketika tengah berbaring, cobalah agar segera bangun serta duduk dengan posisi tegak. Postur tubuh tegak inilah ternyata dapat mengurangi tekanan yang terdapat pada katup antara lambung dan kerongkongan.

4.       Mengkonsumsi Jahe

Jahe sudah sejak lama dikenal sebagai rempah yang mempunyai banyak manfaat terutama buat masalah pencernaan termasuk juga asam lambung. Inilah sebabnya ketika GERD sedang terjadi, maka sebaiknya dapat mengkonsumsi jahe terlebih dahulu.

Selain memperhatikan beberapa hal diatas, ada baiknya Anda juga dapat mengatasi masalah ini dengan cara mengubah kebiasaan makan serta memperhatikan bagaimana pola makan. Dengan mengetahui pertolongan pertama saat asam lambung kambuh, maka dapat meredakan gejala. 

Leave a comment

Explore
Drag