Skip links
Manfaat Daun Sambung Nyawa

Inilah Deretan Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambung NyawaTahukah Anda bahwa daun sambung nyawa telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tak hanya dapat menurunkan tekanan darah tinggi daun ini juga bersifat antioksidan dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ingin tahu manfaat selengkapnya? Yuk, simak ulasan berikut sampai tuntas!

Manfaat Daun Sambung Nyawa

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun sambung nyawa yang pertama adalah untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Daun ini mengandung senyawa seperti guerceting, kaempferol, caffeic, sinapic, dan vanillic acid. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi individu pengidap diabetes.

Tak hanya itu, daun ini juga dapat merangsang pengambilan glukosa oleh sel lemak dan sel otot sehingga sangat membantu pengidap diabetes tipe 2 dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan, daun ini juga diyakini dapat membantu melindungi terjadinya kerusakan organ hati akibat diabetes.

2. Meningkatkan Kesuburan

Bagi Anda yang sedang merencanakan program kehamilan, info ini wajib sekali diketahui. Infertilisasi merupakan salah satu wujud komplikasi yang timbul akibat penyakit diabetes. Keberadaan daun ini dapat membantu Anda mengatasi infertilisasi penyebab susah hamil.

Bukan kaleng-kaleng, beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa, pemberian daun ini sangat membantu meningkatkan kesuburan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan aktivitas enzimatik, motilasi sperma, dan jumlah sperma setelah mengonsumsi daun ini. Bahkan tanaman sambung nyawa ini juga dapat mengurangi persentase sperma yang mati dan meningkatkan pematangan sperma.

3. Membantu Mengurangi Peradangan

Tak hanya membantu penderita diabetes, tanaman sambung nyawa ini juga telah lama digunakan sebagai obat peradangan. Hal ini dilakukan dalam pengobatan tradisional Thailand sejak dulu.

Daun ini mengandung bebrapa senawa yang baik untuk kesehatan tubuh antara lain limonene, caryophyllene, pinene, dan carene. Semuanya memiliki sifat anti inflamasi. Bahkan ekstrak daun sambung nyawa ini juga dapat digunakan secara topikal untuk mengobati kondisi peradangan seperti misal anterosklerosis.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Melindungi Jantung

Terakhir, daun ini juga diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menjadi faktor utama terjadinya penyakit kardiovaskuler, termasuk stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ini memiliki potensi menurunkan tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu, mengonsumsi daun ini secara rutin dan sesuai kebutuhan akan membantu meningkatkan oksida nitrat. Salah satu bahan kimia penting yang membantu memperlebar pembuluh darah. Daun ini, terutama pada bagian akarnya juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sifat antioksidan yang terdapat di dalam daun ini juga dapat membantu melawan radikal bebas serta mengurangi risiko stress. Demikian informasi yang dapat disampaikan perihal manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan. Konsumsilah daun ini sesuai saran dokter dan kebutuhan Anda. Jangan terlalu berlebihan dan pastikan cara pengolahan yang benar.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag