Skip links
Manfaat Daun Sirih Cina

Cek 5 Manfaat Daun Sirih Cina Berikut Ini

Manfaat Daun Sirih CinaRumput liar tumbuh di pekarangan secara bebas. Mereka berkembang biak secara cepat hingga kadang membuat manusia menjadi susah. Namun, siapa sangka ada jenis rumput liar yang bisa memberikan banyak manfaat, yaitu daun sirih cina.

Daun sirih cina merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. tanaman ini memiliki bentuk seperti hati dengan warna hijau mengkilap. Mereka tumbuh liar secara merambat di pohon atau tergeletak di tanah.

Bagi anda yang baru mengenalnya, pasti bertanya apa manfaat yang bisa diberikan. Simak artikel ini untuk menjawab pertanyaan anda. Berikut beberapa manfaat daun sirih cina.

Manfaat Daun Sirih Cina yang Jarang Diketahui

1. Menurunkan Demam Dan Sakit Kepala

Salah satu pengobatan tradisional ketika demam dan sakit kepala yaitu menggunakan daun sirih cina. Daun ini dipercaya efektif menurunkan panas dan meredakan nyeri-nyeri pada tubuh termasuk nyeri kepala.

Anda bisa mengonsumsi daun sirih ini dengan cara mengambil sari atau klorofilnya dengan merebus pada air mendidih kemudian diminum. Rasanya memang hambar, anda bisa menambahkan madu atau gula sedikit.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Terluka ketika melakukan aktivitas sudah menjadi hal yang wajar. Untuk itu, ketika anda tidak menemukan obat merah di rumah dapat menggunakan daun sirih cina. Daun ini dipercaya dapat meredakan luka terbuka atau luka bakar ringan.

Kandungan yang ada di dalamnya yang bersifat anti radang dan anti hemoragik dapat menghentikan pendarahan. Tidak hanya itu, kandungan senyawa saponin pada sirih cina bersifat antiseptik yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

3. Meringankan Gejala Asam Urat

Mengonsumsi daun sirih cina secara rutin dapat meringankan gejala asam urat. Salah satu kelompok senyawa flavonoid yang terdapat pada daun sirih ini dapat menghambat produksi asam urat dalam tubuh sehingga bisa mengurangi serangan asam urat dadakan.

Jika konsumsi sirih ini dibarengi dengan olahraga secara rutin dapat memberikan manfaat maksimal dan lebih bagus untuk kesehatan tubuh. manfaat tambahan yang bisa diambil yaitu meningkatkan kelenturan sendiri dan sirkulasi darah menjadi lancar.

4. Mengatasi Wajah Jerawatan

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, daun sirih cina juga dapat digunakan untuk media kecantikan yang dapat mengatasi permasalahan kulit, seperti jerawat. Seorang remaja, masalah jerawatan pasti sering terjadi dan tidak terkendali.

Kandungan tanin, flavonoid, dan alkaloid yang ada di daun sirih cina mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di wajah dan mencegah peradangan. Sehingga, pemakaiannya secara rutin mampu mengurangi jerawat pada wajah.

5. Mengurangi Rasa Gatal

Daun sirih dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengurangi rasa gatal pada tubuh atau wajah. Pasalnya kandungan yang ada di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh.

Demikian pembahasan mengenai manfaat daun sirih cina untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Pengobatan tradisional dapat memberikan hasil maksimal meskipun tidak instan. tapi efek samping yang ditimbulkan tidak seperti bahan kimia.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag