Skip links
Manfaat Daun Sirih Cina untuk Luka

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Penyembuhan Luka

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Luka – Daun sirih cina adalah salah satu herbal liar yang mudah tumbuh dan banyak dianggap sebagai gulma di lahan pertanian, bentuknya mirip dengan sirih hijau biasa hanya ukurannya sebesar lingkaran jari telunjuk yang bersatu dengan jari jempol. Di balik anggapan gulmanya, tanaman sejenis sirih memiliki manfaat daun sirih cina beserta kandungan zat kimia dalam mengatasi keluhan tubuh.

Inilah Rahasia Manfaat Daun Sirih Cina untuk Penyembuhan Luka

1. Mengandung Zat Antiseptik

Zat antiseptiknya berpotensi kuat dalam menyembuhkan luka dengan menekan penyebaran bakteri, kuman dan virus. Ketika Anda mengalami luka luar seperti terkena pisau atau jatuh maka bisa memakai tumbukan sirih cina untuk dioleskan di area yang luka.

Ketika Anda mengalami gangguan mata seperti mata iritasi dan katarak bisa diterapi dengan rebusan daun sirih cina sesuai dosis yang aman. Selain manfaat tersebut, daun sirih cina dipercaya untuk mengobati gangguan pernafasan seperti radang tenggorokan dan infeksi gusi.

2. Mengandung Zat Anti Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat yang bisa menyebabkan munculnya penyakit dalam degeneratif seperti hipertensi, kanker, tumor dan sebagainya. Zat manfaat daun sirih cina bisa juga membantu Anda menurunkan asam urat yang menyerang area persendian.

Zat anti radikal bebas menyebabkan sel tubuh Anda mengalami kerusakan sehingga akan sangat sukar untuk menjalankan sistem metabolisme dengan baik. Pengobatan herbal kuncinya harus rutin, sabar dan mengatur pola makan.

3. Mengandung Zat Flavonoid

Zat ini membantu tekanan darah Anda stabil bahkan saat tekanan darahnya agak tinggi bisa minum rebusan daun sirih cina agar perlahan stabil. Zat flavonoid juga membantu Anda menaikkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan bakteri. Namun, kekebalan ini bersifat lambat artinya saat Anda telah terkena virus batuk atau pilek akan sedikit lama dalam proses penyembuhannya.

4. Mengandung Zat Antioksidan 

Adalah zat yang menaikkan sistem imunitas tubuh, membantu menurunkan demam, mempercepat proses pemulihan tubuh setelah sakit. Daun sirih cina memiliki rasa yang tidak pahit tapi jika Anda kurang nyaman bisa ditambahkan madu satu sendok makan.

Apakah Daun Sirih Cina Memiliki Efek Samping?

Semua jenis obat pasti memiliki efek samping baik obat kimia atau herbal yang mana obat herbal mempunyai kadar efek samping lebih lambat dan minim dibandingkan obat kimia. Penggunaan herbal daun sirih cina bisa dihentikan setelah keluhan tak terasa lagi, Anda bisa memakainya di waktu yang lebih jarang sebagai bentuk pencegahan. Konsultasikan dahulu dosis herbal ke ahlinya agar tidak terjadi reaksi berlebihan.

Manfaat daun sirih cina dengan dosis minimal akan memberikan kebaikan diri, kuncinya sehat adalah berusaha menenangkan pikiran dan menjaga pola makan. Anda bisa menanam daun sirih di pot sedang dekat rumah sebagai tanaman obat sewaktu-waktu diperlukan. Selamat mencoba!

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag